Idah Dorong Siswa SMK Berkarya Tanpa Menjiplak

Ketua Tim Penggerak PKK Idah Syahidah saat memberikan sambutan dan membuka Lomba Karya Cipta SMK Tingkat Provinsi Gorontalo yang digelar di Hotel Sumber Ria, Selasa (20/2). Istri Gubernur Gorontalo Rusli Habibie itu mendorong para siswa untuk melahirkan produk sendiri tanpa menjiplak karya orang lain. (Foto: Nova-Humas)

 

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah mendorong siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuaran (SMK) untuk menghasilkan karya sendiri yang berkualitas tanpa menjiplak orang lain. Menurutnya hal ini penting untuk melahirkan produk yang beragam dan bersaing di pasaran.

“Untuk memberikan sesuatu yang terbaik untuk daerah maka ciptakan karya sendiri bukan menjiplak. Meniru boleh, tetapi jangan meniru secara keseluruhan,” kata istri Gubernur Gorontalo Rusli Habibie itu saat membuka Lomba Cipta Karya SMK Se Provinsi Gorontalo, di Hotel Sumber Ria, Selasa (20/02).

Baca Juga :  Mentan Targetkan Satu Juta Sapi Untuk BKSU

Sebagai generasi muda “jaman now”, siswa sekolah dituntuk berkreasi dan berinovasi untuk bisa melahirkan sesuatu yang berbeda lagi unik. Sebab dengan perbedaan itulah maka nilai suatu produk akan bernilai tinggi.

“Boleh boleh saja mengamati produk orang lain, meniru juga boleh tetapi hasilnya harus dimodifikasi jangan sampai kita dituduh menjiplak hasil karya orang lain. Penting juga menanamkan brand produk kita dengan sesuatu yang berbeda dan unik untuk bisa bersaing di pasaran,” lanjut Idah yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).

Ia juga mengingatkan agar dalam menghasilkan suatu karya harus mendukung terwujudnya produk yang ramah lingkungan. Penggunaan teknologi informasi melalui internet juga dibutuhkan agar bisa mencari inspirasi sekaligus memasrkan produk yang dihasilkan.

Baca Juga :  Sekjen Kemendagri Tanggapi Pemberhentian Sekda Provinsi Gorontalo

Lomba yang berlangsung selama tiga hari ini diikuti oleh 110 siswa dari 55 SMK se Gorontalo. Lomba yang digelar Dinas Dikbudpora Provinsi itu dibagi ke dalam berapa kategori di antaranya karya di bidang pertanian, bidang kesehatan, kemaritiman dan pariwisata.

Pewarta: Nova

Editor: Isam

204 total views, 1 views today

author

Author: