Idah Ajak Masyarakat Hidup Lebih Sehat


Peningkatan kualitas SDM adalah salah satu program pembangunan perikanan dan konstribusi sektor perikanan yakni meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat terutama bagi anak-anak sekolah agar lebih banyak mengkonsumsi ikan. Demikian dikatakan oleh Ketua Forikan Provinsi Gorontalo Idah Syahidah Rusli Habibie pada rangkaian kunjungannya bersama Gubernur Gorontalo, Kamis (16/11) di Desa Bandung Rejo Kecamatan Boliyohuto.

Idah mengemukakan, ikan banyak mengandung protein, vitamin dan kandungan omega tiga. Ikan sangat baik dikonsumsi oleh manusia sebab ikan merupakan hewan yang halal untuk dimakan. Jika melihat banyaknya ikan yang terdapat dilautan Gorontalo ikan tersebut selain digoreng dan dibakar dapat diolah menjadi panganan bagi anak-anak disekolahan.

“ Di jaman modern saat ini banyak jajanan-jajanan disekolahan khususnya makanan ringan yang kurang sehat, hal ini membutuhkan perhatian kita semua khususnya para guru dan pengelola kantin, ada baiknya snack atau makanan yang dijual dikantin sekolah harus lebih banyak mengandung bahan ikan sehingga anak-anak sekolah akan terbiasa mengkonsumsi ikan,’ujar Idah.

Karena ikan ini banyak mengandung protein dan vitamin kata Idah maka ikan tersebut dapat kita olah lebih variatif lagi agar anak-anak sekolah tidak merasa bosan. Kita bisa mensiasatinya dengan mengolah ikan tersebut menjadi menu yang berbeda misalnya nuget ikan, stik ikan, kroket atau bola-bola ikan dan lain sebagainya sehingga anak-anak tertarik dan mau mengkonsumsi ikan.

Ketua Forikan juga menitipkan pesan kepada seluruh masyarakat khususnya bagi kaum perempuan yang ada di desa Bandung Rejo untuk selalu menjaga kesehatannya agar jangan sampai terkena penyakit seperti kanker serviks yang merupakan penyakit mematikan didunia dan di Indonesia.

Idah mengajak para ibu-ibu rumah tangga untuk berbondong-bondong memeriksakan dirinya di puskesmas-puskesmas terdekat atau yang dikenal dengan IVA Test. Dengan mengkuti IVA Test ujar Idah paling tidak kita sudah bisa mengetahui apakah kita terkena atau tidak penyakit kanker serviks dan yang paling terpenting dengan IVA Test tersebut perempuan di Indonesia bisa terhindar dari ganasnya penyakit kanker serviks.

Selain itu pula Idah berharap kepada generasi muda terutama yang berada di Desa Bandung Rejo untuk tidak melakukan tindakan-tindakan yang merugikan diri sendiri seperti ; mengkonsumsi minuman keras, menggunakan narkoba dan tidak melakukan seks bebas. Dengan berbuat yang positif maka InsyaAllah generasi-generasi muda akan menjadi pemimpin yang cerdas, handal, berakhlak tinggi, bertanggung jawab dan memiliki daya saing yang tinggi di masa-masa yang akan datang,pungkasnya.

pewarta/editor : Burhan

foto : Burhan

130 total views, 3 views today

author

Author: 

Leave a Reply