Ibu Negara Tinjau Iva Test di Puskesmas Limboto

Ibu Negara Iriana dan istri Wakil Presiden RI Mufidah disambut Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah bersama Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di landasan pacu bandara Djalaluddin lama, Senin (22/1).

Ibu Negara Iriana berkunjung ke Provinsi Gorontalo, Senin (22/1). Istri Presiden RI Joko Widodo datang dengan pesawat carteran disambut oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Ketua Tim Penggerak PKK Idah Syahidah di bandara lama Djalaluddin.

Kunjungan Iriana dan Mufidah beserta rombongan para istri Kabinet Kerja diawali dengan mengunjungi Puskesmas Limboto, Kabupaten Gorontalo. Di sini Iriana melihat langsung pelaksanaan Iva Test atau pemeriksaan dini kanker serviks bagi ratusan warga perempuan, ibu Bhayangkari dan ibu Persit.

Baca Juga :  Kloter 25 Tiba di Gorontalo, Dua Jamaah 'Tertinggal'

Dengan menggunakan blouse putih dan selendang kain Karawo berwarna kuning di leher, Iriana disambut ratusan warga terutama kaum ibu yang sejak pagi menunggu. Iriana bersama Idah diarahkan meninjau ruangan tempat pemeriksaan kanker serviks.

Selain pemeriksaan kanker serviks, Iriana juga berkesempatan untuk memberikan pengarahan singkat tentang kampanye peduli penyakit TB atau tuberkulosis. Menurutnya penyakit paru-paruitu perlu menjadi perhatian, utamanya bagi orang dengan batuk berdahak disertai bercak darah.

“batuk berdahak belum tentu ia mengidap penyakit tuberkolosis. Tetapi perlu untuk memeriksa sejak dini untuk mendeteksi apakah bapak/ibu mengidap penyakit menular TB,” terang Iriana.

Sekitar 10 Menit berada di Puskesmas Limboto, Iriana bersama rombongan bergeser ke PAUD Abdi Jaya I yang berlokasi tidak jauh dari puskesmas.

Baca Juga :  Kampanye Fish To School, Olah Ikan Jadi Jajanan Sekolah

Selain puskesmas dan PAUD, Ada sejumlah agenda yang akan dihadiri siang ini. Pukul 13.45 Wita Seminar Parenting dan Sosialisasi TB di Gedung Grand Place Convention Centre (GPCC). Pukul 14.30 Wita Sosialisasi Anti Narkoba dan Sosialisasi TB di Ballroom Grand Sumber Ria. Pukul 15.10 Wita peninjauan kerajinan produk khas Gorontalo di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Gorontalo.

Pewarta/editor : Isam

Foto : Salman

450 total views, 1 views today

author

Author: