Ibadah Haji Rahmat dan Anugerah dari Allah SWT

Gorontalo – Wakil Gubernur Gorontalo DR. Drs. H. Idris Rahim, MM., melepas pemberangkatan jamaah calon haji Provinsi Gorontalo yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 22 UPG di asrama embarkasi haji antara Provinsi Gorontalo, Kamis (1/9).

Jamaah calon haji Kloter 22 UPG berjumlah 260 orang, ditambah 4 petugas haji. Diantara jumlah jamaah tersebut, 3 jamaah tidak bisa diberangkatkan karena alasan sakit, sehingga total jamaah calon haji Kloter 22 UPG berjumlah 261 orang. Kloter 22 UPG berasal dari Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Bone Bolango, Gorontalo Utara, dan Kabupaten Boalemo.

Pada kesempatan itu, Wagub mengajak seluruh JCH untuk senantiasa bersyukur memperoleh undangan dari Allah SWT untuk menunaikan ibadah haji di tanah suci Mekkah yang merupakan Rukun Islam Kelima. “Kesempatan untuk menunaikan ibadah haji itu merupakan rahmat dan anugerah dari Allah SWT.

Istimewanya ibadah haji ini karena Allah-lah yang mengundang bapak ibu jamaah calon haji. Begitu banyak orang yang ingin melaksanakan ibadah haji, tetapi belum bisa terpenuhi karena belum adanya panggilan dari Allah. Karenanya kita harus mensyukuri anugerah dan nikmat ini,” kata Idris.

Kepada JCH Kloter 22 UPG, Idris kembali mengingatkan untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya, serta menjaga kesehatan dan kebugaran fisik. Idris juga menghimbau para jamaah untuk menjaga kebersamaan, kekompakan, dan kekeluargaan, saling asah, asih dan asuh, serta mempelajari terus buku manasik haji agar syarat dan rukun-rukun haji dikuasai dengan baik.

“Di tanah suci nanti, bapak ibu harus mandiri, tidak lagi menggantungkan diri pada orang lain, sehingga itu sangat penting untuk terus mengulang-ulang kembali membaca buku manasik haji agar bapak ibu tahu tata urutan pelaksanaan ibadah haji,” ujar Wagub.

Wagub Idris Rahim juga meminta kepada JCH Kloter 22 UPG untuk mendoakan pemerintah dan masyarakat Provinsi Gorontalo, agar selalu dalam kondisi aman, pembangunannya lancar, dan masyarakatnya sejahtera. “Tolong doakan pemerintah dan seluruh masyarakat Provinsi Gorontalo agar tetap aman dan sejahtera. Kami turut pula mendoakan agar bapak ibu jamaah tiba di Mekkah dan kembali ke Gorontalo dengan selamat dan menjadi haji mabrur,” pungkas Idris.

Hadir pada pemberangkatan tersebut, Kakanwil Kemenag Provinsi Gorontalo Rustam Langke, Ketua PPIH Provinsi Gorontalo Nurdin Mokoginta, serta para pejabat dilingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo dan Kementerian Agama Provinsi Gorontalo.

Kloter 22 UPG berangkat dari bandara Djalaludin Gorontalo menuju Makassar pada pukul 17.40 Wita, selanjutnya dari bandara Hasanuddin Makassar menuju bandara King Abdul Azis Jeddah pada hari yang sama pukul 23.55 Wita. Tiba di Jeddah pada tanggal 2 September pukul 05.30 waktu setempat.

346 total views, 2 views today

author

Author: 

Leave a Reply