HUT ke-17, Gubernur Gorontalo Kenang Jasa Pejuang Provinsi

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Idris Rahim serta Pimpinan DPRD Provinsi saat Rapat Paripurna Istimewa DPRD dalam rangka memperingati HUT Provinsi Gorontalo ke-17 yang digelar Selasa (5/12).

Di momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Gorontalo ke-17, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengajak kepada semua pihak untuk kembali mengenang jasa-jasa para pejuang dan relawan pembentukan provinsi.

Menurut Rusli, pencapaian pembangunan yang diraih oleh Gorontalo selama 17 tahun terakhir ini tidak terlepas dari kesungguhan, tekad dan pengorbanan para pejuang dan relawan pembentukan provinsi. Selain berupaya meyakinkan pemerintah pusat untuk pemekaran daerah, para pejuang mampu menggalang dukungan dan kesadaran bersama untuk mendukung terwujudnya Provinsi Gorontalo.

“Hari ini tepat 17 tahun yang lalu Provinsi Gorontalo kita berdiri. Provinsi yang mati matian, yang berdarah-darah, yang sungguh sungguh, tulus dan ihlas diperjuangkan oleh para relawan, tokoh masyarakat, mahasiswa baik yang ada di Gorontalo dan luar Gorontalo”, sebut Rusli saat memberi sambutan pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi Gorontalo, Selasa (5/12).

Oleh karena itu, atasnama gubernur dan masyarakat Gorontalo, Rusli menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang sudah berjuang. Teriring doa agar jasa para relawan diterima Allah SWT sebagai amal ibadah.

“Kita yakin seyakin yakinnya, bahwa tujuan dari masyarakat, para relawan dan pejuang provinsi agar kita bisa hidup sejahtera dibandingkan masih bergabung dengan Sulwaesi Utara. Alhamdulillah tujuan itu tahap demi tahap mulai kita rasakan”, imbuh gubernur dua periode itu.

Di awal terbentuknya Provinsi Gorontalo, APBD daerah tahun 2002 hanya sebesar 150 Milyar Rupiah. Angka itu kini naik sangat signifikan menjadi 1,83 Trilyun di tahun 2017. Presentase penduduk miskin tahun 2004 masih berada di 29% turun di tahun 2017 menjadi 17,65%. Pun begitu dengan pertumbuhan ekonomi pada tahun 2001 yang hanya 5,55%, di bulan Maret 2017 menjadi 6,64%. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2016 juga menunjukkan angka yang menggembirakan yakni sebesar 66,27%.

Untuk menjaga pembangunan dan kesejahteraan rakyat terus meningkat, gubernur dari Partai Golkar itu mengajak kepada semua pihak bahu membahu dan bergandengan tangan untuk melanjutkan pembangunan Gorontalo. Ia meminta agar pemerintah daerah kabupaten/kota bersama provinsi untuk bersinergi dalam bekerja tanpa ada konflik, perpecahan dan perbedaan satu sama lain.

Pada momentum Sidang Paripurna DPRD tersebut, juga diserahkan penghargaan kepada tokoh masyarakat dan ASN teladan yang berprestasi tahun 2017 baik di tingkat nasional maupun tingkat provinsi. Penghargaan diberikan berdasarkan empat kategori yakni klasifikasi tokoh masyarakat dan ASN teladan di bidang pendidikan, teladan di bidang pertanian, teladan bidang perikanan dan kelautan serta teladan dari bidang pemerintahan.

Ada pula penandatangan kerjasama antara pemprov dengan Universitas Pertamina dan Universitas Pertahanan. Kerjasama ini untuk meningkatkan sumber daya manusia masyarakat dan aparatur daerah. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Dirjen Perimbangan Keuangan Kementrian Keuangan Budiarso Teguh Widodo yang didaulat memberikan pidato di sela-sela acara.

Pewarta : Ecyhin

Editor : Isam

Foto : Salman

91 total views, 3 views today

author

Author: 

Leave a Reply