Haul Guru Tua, Momentum Kobarkan Perjuangan SIS Aljufri

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kedua kiri) bersama Sekda Provinsi Gorontalo H. Anis Naki (kanan), menghadiri Haul ke-50 Guru Tua di kompleks Masjid Alkhairaat Kota Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (30/6). (Foto : Haris – Humas)

KOTA PALU, Humas – Haul Guru Tua ke-50 menjadi momentum untuk terus mengobarkan semangat perjuangan Sayyid Idrus bin Salim Aljufri dalam meningkatkan kualitas umat melalui dakwah dan pendidikan. Hal ini diutarakan Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim usai mengikuti rangkaian Haul Guru Tua ke-50 di kompleks Masjid Alkhairaat Kota Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (30/6/2018).

“SIS Aljufri adalah pendiri Alkhairaat yang dalam perjuangannya mengedepankan dakwah dan pendidikan umat. Semangatnya harus terus kita kobarkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan umat,” kata Idris.

Baca Juga :  Tingkatkan Profesionalisme, Staf Kepegawaian Setdaprov Ikuti Bimtek

Idris mengutarakan, isu pendidikan yang diperjuangkan oleh SIS Aljufri seiring didirikannya Alkhairaat pada tahun 1930, sejalan dengan program Pemprov Gorontalo saat ini. Sejak periode pertama hingga periode kedua Gubernur Rusli Habibie dan Wagub Idris Rahim, sektor pendidikan menjadi salah satu program unggulan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Sejauh ini Alkhairaat Gorontalo turut berkontribusi dalam mewujudkan program unggulan pemerintah di bidang pendidikan melalui lembaga pendidikan Alkhairaat. Kedepan Alkhairaat akan terus bersinergi dengan pemerintah untuk memajukan pendidikan di Provinsi Gorontalo,” ujar Ketua Komisariat Wilayah Alkhairaat Provinsi Gorontalo tersebut.

Semasa hidupnya Guru Tua telah mendirikan 420 madrasah Alkhairaat di seluruh kawasan timur Indonesia. Khusus di Provinsi Gorontalo, lembaga pendidikan Alkhairaat tersebar diseluruh kabupaten/kota, yakni Pondok Pesantren (Ponpes) Alkhairaat Kota Gorontalo, Ponpes Alkhairaat Kiyai Modjo Kabupaten Gorontalo, Ponpes Alkhairaat Boalemo, Ponpes Alkhairaat Pohuwato, Ponpes Alkhairaat Gentuma Gorontalo Utara, dan Madrasah Alkhairaat Bone Bolango. Keseluruhan Ponpes Alkhairaat itu menyelenggarakan pendidikan dari jenjang ibtidaiyyah, tsanawiyah, dan aliyah.

Baca Juga :  Gubernur Tinjau Pekerjaan Jalan di Wilayah Perbatasan

Hadir pada Haul Guru Tua ke-50 Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Ketua Utama Alkhairaat Habib Saggaf bin Muhammad Aljufri, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, Sekda Provinsi Gorontalo Anis Naki, serta ribuan abnaulkhairaat dari berbagai pelosok daerah di Indonesia termasuk dari mancanegara.

Pewarta : Haris

238 total views, 1 views today

author

Author: