Hari Pertama Sekolah, Rusli Himbau Orang Tua Tetap Jadi Guru Bagi Anak

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat menjadi Narasumber pada dialog interaktif warung kopi

 

Hari pertama sekolah bagi siswa-siswi SD hingga SMA/SMK telah dimulai, rasa bahagia pun pasti telah menyelinap di hati sanubari para orang tua.

Tradisi para orang tua untuk mengantar anaknya di hari pertama masuk sekolah untuk  dititipkan kepada guru-guru pengajar.

Hal ini pun menuai rasa bangga dan bahagia bagi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie. Saat dialog interaktif warung kopi, Minggu pagi (16/7) di Warkop Kota Gorontalo,  Rusli berharap kepada orang tua siswa-siswi tetap menjadi guru bagi anak-anaknya.

“Setiap orang tua adalah guru bagi anak-anaknya. Ini sering dilupakan banyak orang. Ketika berpikir tentang pendidikan, orang langsung berpikir tentang sekolah. Mendidik anak adalah soal bagaimana mengirim anak-anak ke sekolah yang bagus, agar mereka mendapat pendidikan yang baik,” jelas Rusli Habibie dengan penuh bijak.

Rusli Habibie yang juga ayah dari 4 anak ini menguraikan, anak-anak belajar dari guru mereka di sekolah, padahal peran terpenting dalam pendidikan anak harus diambil oleh orang tua. Artinya, orang tua harus mengambil bagian terpenting dalam proses pendidikan itu, dengan menjadi guru bagi anak-anaknya.

Ia menambahkan, di sekolah durasi waktu antara guru dan anak didik hanya bersifat terbatas, guru tidak punya banyak waktu memberikan didikan satu persatu siswa bagaimana anak memiliki potensi pribadi, bagaiamana anak itu bisa memiliki kepribadian yang sangat arif dan bijak. Menurut Gubernur disinilah peran penting orang tua.

Pewarta/foto : Salman

Editor.              : Asriani

187 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply