Gubernur Wajibkan Hotel di Gorontalo Gunakan Sendal Limbah Eceng Gondok

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat memberikan sambutan pada kegiatan expo produk pertanian organik

GORONTALO –  Keprihatinan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie  dengan banyaknya limbah eceng gondok menjadi kabar baik bagi para pengusaha limbah tanaman ini.

Orang nomor satu di Provinsi Gorontalo ini mewajibkan agar seluruh hotel di  Gorontalo menggunakan sendal dari bahan limbah eceng gondok.

” Saya sudah perintahkan Bappeda dan humas saya untuk segera buat surat kepada seluruh pemilik hotel baik itu melati maupun bintang, wajib hukumnya hotel-hotel menggunakan produk yang dibuat anak-anak tadi, sangat bagus dan itu menggunakan eceng gondok,” jelas gubernur saat memberikan sambutan pada kegiatan expo produk pertanian organik, di GPCC, Selasa (26/9).

Rusli Habibie saat meninjau stand pameran produk organik sempat melihat hasil produk dari limbah eceng gondok berupa sendal, tas dan beberapa produk lainnya.

Produk ini dihasilkan dari limbah eceng gondok yang berada di Danau Limboto. Menurut pengrajin eceng gondok, Nurlaila Susilawati, untuk proses pengeringan membutuhkan waktu dua minggu di  bawah matahari. Dalam satu bulan,  ia dan pegawainya mampu untuk membuat  700 pasang sendal.

Selain sendal, limbah eceng gondok ini juga dibuatnya menjadi tas tangan yang dipadukan dengan kain kerawang. Dalam sehari Nurlaila yang dibantu oleh tiga orang pegawainya mampu untuk menyelesaikan 20 tas. Namun sayang, pembuatan tasnya baru sebatas pesanan jika ada pameran atau event-event tertentu.

Pewarta/editor : Asriani

Foto                    : Salman

145 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply