Gubernur Usul Korem Gorontalo Diberi Nama Nani Wartabone

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito dan Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Rachmat Fudail saat melepas Satgas Perbatasan NTT-Timor Leste, Rabu (10/1) lalu.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie berencana mengusulkan Komando Resort Militer (Korem) di Gorontalo diberi nama Korem Nani Wartabone. Korem yang baru selesai dibangun di Kec. Pulubala, Kabupaten Gorontalo itu akan menjadi satuan militer baru di bawah naungan Kodam XIII Merdeka yang berkedudukan di Manado, Sulawesi Utara.

“Kami berencana untuk mengusulkan Korem Gorontalo diberi nama Korem Nani Wartabone. Secara resmi kami akan menyurat ke Panglima Kodam XIII Merdeka untuk dipertimbangkan dan diputuskan sesuai mekanisme di TNI,” terang Gubernur Rusli usai mengikuti penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Rachmat Fudail, Kamis (18/1).

Lebih lanjut Rusli menjelaskan, pengusulan nama Korem Nani Wartabone sangat tepat mengingat Nani Wartabone merupakan pahlawan nasional yang berasal dari Gorontalo. Selain itu, jasa-jasa perjuangan Nani Wartabone layak diabadikan menjadi nama satuan militer yang berkedudukan di Gorontalo.

“Bagi masyarakat kita, sosok Nani Wartabone adalah pejuang yang sukses mengusir penjajah. Bahkan di bawah kepemimpinannya, Gorontalo pada 23 Januari 1942 lebih dulu memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Tiga tahun sebelum Republik ini resmi berdiri,” sambung peraih baret dan brevet anggota kehormatan TNI itu.

Korem Gorontalo merupakan satuan TNI Angkatan Darat yang baru dan rencananya diresmikan akhir 2018 nanti. Peletakakan batu pertama pembangunan kantor dilakukan oleh Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito, 20 Maret 2017. Saat ini bangunan kantor sudah selesai dikerjakan tinggal menunggu penempatan prajurit dari Mabes TNI.

Terbentuknya Korem Gorontalo juga membuka jalan berdirinya satuan Kodim di lima kabupaten lain. Saat ini Gorontalo baru memiliki satu Kodim yakni Kodim 1304 Santiago yang berlokasi di Kota Gorontalo.

Pewarta/editor : Isam

Foto : Salman – Dok. Humas

174 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply