Gubernur Turun Langsung Dalam Gerakan “Beresi Kambungu”

Gorontalo – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, sangat apresiasi gerakan “Beresi Kambungu” yang dilaksanakan oleh masyarakat Kabupaten Gorontalo, dimana gerakan menjaga lingkungan agar tetap bersih, tumbuh dan berkembang dari kesadaran masyarakat itu sendiri.

“terkadang nanti ada aparat desa hingga Bupati yang akan turun lapangan, baru akan terlihat gerakan bersih-bersih lingkungan, itupun terkadang tidak maksimal,” kata Rusli Habibie, saat ikut dan turun langsung membersihkan selokan di desa Hepuhulawa Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo.

Namun ketikan gerakan cinta lingkungan, bersih-bersih kampung ini, dimulai dari kesadaran masyarakat itu sendiri, maka hasilnya akan maksimal.

Melihat kondisi seperti ini, lanjut Rusli, alangkah bagusnya jika gerakan “Beresi Kambungu” ini bisa ditularkan ke kecamatan lainya, sehingga gerakan bersih kampung ini bisa serentak dan menyeluruh se-Gorontalo.

“saya sangat suka gerakan ini, karena dia tumbuh dan berkembang dari rakyat,” ujar Rusli.

Rusli juga berharap agar kegiatan “Beresi Kambungu” ini tidak saja digalakan saat Gorontalo lagi ada wabah demam berdarah, baru kemudian secara bersama-sama membersihkan lingkungan, kalau boleh dijadwalkan saja, setiap minggunya.

Selain ini Rusli juga meminta jika dalam kegiatan seperti ini, ada “reward dan punishment” kepada masyarakat yang peduli akan kebersihan lingkungan dan yang tidak peduli.

“bagi masyarakat yang peduli serta aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial seperti ini, dan apalagi jika dia peduli terhadap kebersihan lingkungan, maka kalau boleh pemerintah setempat memberikan penghargaan kepadanya,” ungkap Rusli.

313 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply