Gubernur Tinjau Protokol Kesehatan di Pelabuhan Gorontalo

0
319
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat diwawancarai wartawan usai meninjau protokol kesehatan di Pelabuhan Gorontalo, Senin (31/3/2020). Tol laut Sabuk Nusantara 102 itu memuat 37 penumpang dari Bitung ke Poso. 15 penumpang di antaranya turun di Gorontalo. (Foto: Salman-Humas).

KOTA GORONTALO, Humas – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie pelaksanaan protokol kesehatan di pelabuhan Kota Gorontalo, Senin (31/3/2020). Protokol kesehatan berupa pemeriksaan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan ke barang dan tubuh penumpang dipandang perlu untuk mencegah penularan virus corona.

“Saya ingin melihat SOP-nya bagaimana. Alhamdulillah sudah jalan, dibantu teman-teman TNI Polri dan alat-alatnya sangat aman digunakan,” ucap Rusli.

Sore itu kapal Sabuk Nusantara 102 berlabuh di Pelabuhan Gorontalo. Tol laut melayani pelayaran dari Bitung-Gorontalo-Poso dengan 37 penumpang.15 penumpang turun di Gorontalo.

Setiap penumpang yang turun diminta untuk meletakkan barang bawaannya. Barang selanjutnya disemprot cairan disinfektan. Selanjut penumpang juga diperiksa suhu tubuhnya dan disemprot dengan cairan yang aman bagi kulit manusia.

Gubernur Rusli juga menjelaskan tentang surat edaran baru terkait Upaya Pencegahan Penularan Covid-19 di Pelabuhan Laut dan Pelabuhan Penyebrangan. Setiap ABK yang kapalnya bersandar diminta untuk tidak turun. Akodomasi selama berada di kapal menjadi tanggungjawab pemilik atau agen kapal.

“ABK tidak bisa turun kecuali diiyakini bahwa yang bersangkutan tidak mengidap penyakit. Termasuk suhu badannya normal. Harus dipantau kesehatannya,” imbuhnya.

Gubernur Rusli bersyukur hingga saat ini belum ada konfirmasi kasus positif corona di Gorontalo. Ia berharap kondisi ini bisa terus bertahan. Selain penjagaan di semua pintu masuk, peran dan kesadaran masyarakat untuk menaati imbauan pemerintah bisa dilaksanakan dengan baik.

Artikel Terkait  KKIG Diminta Pantau Warga Gorontalo Untuk Tidak Mudik

Pewarta: Isam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini