Gubernur Tetapkan Desa Kramat Jadi “Kampung Vaname”

Gorontalo – Upaya Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dalam mengembangkan usaha petani tambak dikawasan pesisir terus digalakan. Sabtu (5/3) Gubernur menetapkan Desa Kramat yang terletak di Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo, ditetapkan sebagai “Kampung Vaname”.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo menjelaskan bahwa, awalnya kelompok tani di Desa Kramat hanya membudidayakan Ikan Bandeng, yang jangka waktu panen dalam Satu tahun hanya satu kali panen.

” itupun dalam Satu Hektare hasilnya hanya sekitar 300 Kilogram,” Kata Sutrisno, Sabtu.

Dia menambahkan, dengan Udang Vaname dalam 2500 meter persegi, hasilnya bisa sampai 250 Kg, bayangkan jika dalam Satu Hektare maka bisa menghasilkan Satu Ton Udang Vaname.

Baca Juga :  Rusli : Membangun Gorontalo Butuh Dukungan Semua Pihak

Dijelaskannya bahwa, harga Udang Vaname ini berkisar Rp50 ribu sampai Rp60 Ribu, katakanlah perkilonya Rp50 ribu, maka dalam 1 Hektar bisa capai Rp 50 juta.

“sementara diareal ini ada tambak yang tidak digunakan, yang luasnya sekitar 20 Hektare, kalau semuanya di isi dengan Udang Vaname maka bisa mencapai Rp 1 Miliar dalam setiap panennya,” ujar Sutrisno.

Menurutnya bahwa Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, telah meminta agar dinas terkait bisa mengintensifkan pembudidayaan Udang Vaname ini, karena petani tambak disini bisa memperoleh keuntungan yang berlipat ganda, mengingat usia panen udang ini tidak sampai Tiga bulan.

400 total views, 1 views today

Berita Terkait

Rusli Diundang Jokowi ke Istana Bogor RHNews.com - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie kembali mendapat kehormatan dari pemerintah pusat untuk menghadiri pertemuan dengan Presiden RI Joko Wid...
Fokus Pertanian – Pemprov Siapkan Rp1,3 Mili... Gorontalo (2/3) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, terus memberikan perhatianya kepada para petanai di Gorontalo, dimana untuk tahun ini Pemerintah P...
Gubernur : Tidak Ada Lagi PD yang Manfaatkan Kewen... Gorontalo (16/2) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie berharap agar kedepan tidak ditemukan lagi adanya Pendamping Desa (PD) yang menyalahi aturan apala...
309 KK Desa Owata Belum Nikmati Listrik, Ini Reaks... Gorontalo (27/2) - Sedikitnya ada 1028 orang penduduk Desa Owata atau 309 Kepala Keluarga (KK) yang ada di Kecamatan Bulango Ulu Kabuapten Bone Bolang...
Tags:
author

Author: