Gubernur Tegaskan Program SKPD Harus Tuntas dan Terukur

GORONTALO – Tuntas dan terukur. Dua kata itu ditegaskan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, dihadapan kepala-kepala SKPD lingkup Pemprov Gorontalo terkait pelaksanaan program-program yang dijalankan oleh setiap skpd.

“Tidak ada lagi ego sektoral, tahun depan kita sudah harus keroyok, ” jelas Rusli saat pemaparan seminar hasil, hasil survey dampak program unggulan Pemerintah Provinsi Gorontalo menuju ekonomi yang mandiri dan berkeadilan, di Villa Gubernur, Bolihutuo, Rabu, (26/7).

Lanjut, Rusli menjelaskan untuk Tahun 2018 dengan anggarannya yang cukup sedikit, kita harus fokus, karena saat ini ada 109.913 rumah tangga sekarang (RTS) yang pendapatannya di bawah Rp 250 ribu.

“Jika ini kita keroyok, maka selesailah semua ini. Kemiskinan yang selalu diangkat menjadi isu, akan selesai,” jelas Rusli penuh optimis.

Gubernur mencontohkan, jika si A terdapat di 109.913 rumah tangga  tersebut, maka harus dicari tahu apa yang kurang di rumah tangga si A, apakah listrik, pendidikan, atau lainnya. Jika kekurangan rumah atau kekurangan listrik, atau ada hal lainnya, maka akan diurus oleh masing-masing dinas terkait.

“Jadi tidak ada lagi program-program yang mubazir, yang tidak tepat sasaran” kata gubernur.

Dihadapan para eselon 2, Rusli Habibie memberikan banyak contoh bagaimana seharusnya skpd fokus pada satu kegiatan dan menyelesaikannya hingga tuntas sebelum beralih pada kegiatan lainnya.

Terkait hasil survey tentang kepuasan masyarakat terhadap program-program unggulan pada masa pemerintahannya yang pertama, gubernur dua periode ini menjelaskan, pemaparan survey ini menjadi koreksi bagi kita semua. Mana yang kurang kita betulkan, mana yang lebih kita tambahkan lagi. Ini akan menjadi gambaran kita ke depan.

Sementara itu sebuah hasil survey dari lembaga survey CRC mengungkapkan, tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Rusli Habibie-Idris Rahim relatif sangat baik. Ini merupakan hasil dari tiga kali riset yang dilaksanakan oleh CRC pada Tahun 2016.

Pada survey terakhir di Bulan Desember 2016, kepuasan terhadap kinerja gubernur di angka 70 persen meskipun pada bulan tersebut tensi politik sangat tinggi, dimana berbagai isu, serangan, kuat mengarah ke Rusli Habibie. Namun Itu tak berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat karena  faktanya memang beberapa program unggulan kesehatan, pendidikan, infrastruktur, dan ekonomi kerakyatan secara real di afirmasi oleh masyarakat, sangat berguna oleh masyarakat.

Pewarta/Editor : Asriani

Foto                   : Salman

160 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply