Gubernur Tantang Guru Ubah Mindset Siswa

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi Ketua TP. PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah, menggunting pita tanda diresmikannya gedung baru SMAN 2 Limboto, Kabupaten Gorontalo, Rabu (28/11/2018). Peresmian tersebut juga dirangkaian dengan kegiatan festival Budaya NKRI yang menampilkan tari-tarian dari seluruh provinsi di Indonesia yang dibawakan oleh siswa siswi SMA 2 Limboto. (foto : Salman – Humas)

Kabupaten Gorontalo, Humas –  Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menantang guru guru untuk merubah mindset para siswa agar nanti setelah lulus tidak berharap menjadi PNS namun mengembangkan minat lainnya seperti menjadi pengusaha atau hobi lainnya. Tantangan Rusli ini disampaikannya saat membuka  kegiatan festival Budaya NKRI dan peresmian kantor SMAN 2 Limboto di Kabupaten Gorontalo, Rabu (28/11/2018).

Baca Juga :  Pemprov Gorontalo-DPRD Sepakat 22 Propem Perda 2018

“ Keinginan mereka hanya untuk (menjadi) ASN, PNS, dan itu menjadi kebanggaan orang tua di kampung. Kita rubah mindset, jangan lagi sama,” kata Gubernur.

Menurut Rusli, dari dulu mata pelajaran hanya seperti itu, sementara jaman sudah berubah.  Iapun memberi contoh pendidikan di luar negeri yang telah mengarahkan siswanya sesuai bakat yang dimiliki.

“Mungkin kita ajari mereka bagaimana cara beternak ayam yang bagus, mungkin kita ajarkan bagaimana mereka beternak kambing yang bagus, bagaimana mereka piara sapi, (susu) sapi yang bagus diperas, agar mereka begitu keluar (sekolah), mindsetnya itu berubah,” kata Rusli memberi masukan.

Rusli mengungkapkan, masalah pendidikan telah menjadi komitmennya sejak dahulu sewaktu baru dilantik menjadi Bupati Gorontalo Utara Tahun 2008 lalu hingga saat ini.

Baca Juga :  Pastikan Kunjungan Presiden, Gubernur Gorontalo Temui Seskab

“Kenapa saya serius dengan pendidikan? Gorontalo ini kita tidak punya sumber daya alam yang harus kita kelola untuk membuat lapangan kerja maupun sumber PAD,” ungkap gubernur.

Ruslipun menjelaskan, honor guru PTT (Pegawai Tidak Tetap) dahulu yang disebutnya sangat tidak manusiawi, saat ini telah ditingkatkan. Bahkan untuk guru PTT setara SMK/SMA yang saat ini sudah menjadi urusan provinsi , Rusli telah menjanjikan, tahun depan gajinya setara UMP ( Upah Minimum Regional).

“ Padahal untuk mencerdaskan bangsa, itu adalah guru guru, bukan siapa siapa,” jelas Rusli. Ruslipun berharap agar anak-anak siswa diarahan sesuai bakat mereka.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menandatangani prasasti tanda diresmikannya Kantor SMAN 2 Limboto yang baru. Gedung baru ini menggunakan anggaran sebesar  Rp1.5 Miliar yang berasal dari anggaran APBN. Ukuran bangunan yang diresmikan yaitu 576 m2. ( foto : Salman – Humas)

Kantor SMAN 2 Limboto yang diresmikan telah dimulai pekerjaannya sejak tahun 2015 dengan menggunakan anggaran sebesar  Rp1.5 Miliar yang berasal dari anggaran APBN. Ukuran bangunan yang diresmikan yaitu 576 m2.

Baca Juga :  Gubernur Mengajak SKPD Ziarahi Makam Nani Wartabone

Selain peresmian kantor, juga dilaksanakan festival Budaya NKRI yang merupakan kegiatan tahunan SMAN 2 Limboto. Tahun ini mengambil tema tentang kebudayaan 34 provinsi di Indonesia dengan menampilkan tarian-tarian dari seluruh provinsi.

Pewarta : Asriani

341 total views, 1 views today

author

Author: