Gubernur Sosialisasikan Pemanfaatan Waduk Bone Hulu

Gorontalo – Melihat pentingnya pembangunan Waduk Bone Hulu yang ada diKabupaten Bone Bolango, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie turun langsung mensosialisasikan pemanfaatan dari rencana pemerintah membangun Waduk Bone Hulu.

Gubernur Rusli berharap kepada masyarakat khususnya yang ada di Suwawa timur, agar jangan hanya mendengar informasi yang tidak jelas terkait pembangunan waduk Bone Hulu, sehingga kemudian melakukan aksi penolakan.

Perlu diketahui bahwa, rencanan pembangunan waduk Bone Hulu, setelah melakukan sejumlah kajian, itu sudah masuk dalam rencana pembangunan 49 waduk yang telah dicanangkan oleh Presiden Jokowi.

“jadi dari 49 waduk se-Indonesia, salah satunya ada di Gorontalo,” Kata Rusli Habibie saat bertatap muka dengan masyarakat sekitar yang ada di Kecamatan Suwawa Timur Kabupaten Bone Bolango.

Setiap tahunya sebagian wilayah di Bone Bolango dan Kota Gorontalo mengalami banjir, tujuan pembangunan waduk Bone Hulu ini salah satunya untuk mengatasi permasalahan banjir.

Menurutnya bahwa, setiap masuk musim hujan, akibat dari luapan Sungai Bone, selalu terjadi banjir yang mengancam masyarakat Dua daerah yaitu Kabupaten Bone Bolango dan Kota Gorontalo.

“sehingga pembangunan waduk Bone Hulu dianggap perlu,” ujarnya.

Dari segi pemanfaatan lainya Waduk Bone Hulu juga untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air, untuk ketersedian air baku, irigasi, dan juga dapat dijadikan sebagai tempat wisata baru.

Gubernur menjelaskan bahwa, saat ini ada Tiga alternatif lokasi pembangunan waduk tersebut, namun saat ini pemerintah masih sebatas sosialisasi, baik dari rencana tersebut termasuk pemanfaatannya kedepan.

“intinya pembangunan waduk untuk kesejahteraan semua orang, pemerintah baik pusat maupun daerah tidak mungkin berencana membangun waduk

hanya untuk menenggelamkan rakyatnya, sehingga kepada semua pihak diminta untuk memberikan masukanya,” jelasnya.(Hms)

233 total views, 2 views today

author

Author: 

Leave a Reply