Gubernur Soroti SKPD Yang Belum Capai Target

Gubernur Gorontalo H. Rusli Habibie memimpin rapat evaluasi penyerapan anggaran periode Mei 2017

 

GORONTALO – Pelaksanaan rapat pimpinan (Rapim) evaluasi serapan anggaran periode Mei 2017 kembali di laksanakan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo. Dari hasil evaluasi, capaian serapan fisik dan keuangan untuk bulan Mei melampaui target dari 26 persen, menjadi 34 persen dengan kinerja capaian keuangan mencapai 23 persen. Dengan capaian ini, Provinsi Gorontalo masuk 5 besar nasional penyerapan anggaran terbaik.

Meski demikian, jika dilihat dari capaian per SKPD, beberapa diantaranya masih dibawah target. Hal ini pun mendapat soratan dari Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

“Saya inginkan target serapan anggaran itu bukan sekadar dicapai, tapi dilampaui. Tapi yang saya lihat, justru ada beberapa SKPD yang tidak capai,” ujar Rusli Habibie, saat memimpin Rapim yang dilaksanakan di ruang Huyula Kantor Gubernur, Kamis (14/6).

Rusli meminta agar hal ini tidak terjadi lagi pada pelaksanaan Rapim selanjutnya. Setiap SKPD diinstruksikan untuk menseriusi hasil dari evaluasi Rapim. Setiap poin permasalahan dan solusi yang ada harus dicatat dan ditindaklanjuti dengan langkah kongkrit.

“Inti dari evaluasi ini adalah melihat kembali hasil dari kinerja sebelumnya. Karena itu saya minta hasil evaluasi ada tindaklanjutnya. Jangan hanya datang, catat angka-angka, namun setelah selesai, tidak ada tindaklanjut,” imbuhnya.

Rusli pun menekankan setelah Rapim ini, seluruh SKPD harus segera menggelar rapat lanjutan dengan staf dimasing-masing SKPD. Rapat SKPD tersebut dimaksudkan untuk mengevaluasi pelaksanaan program kegiatan, permasalahan dan solusinya. Dengan demikian diharapkan, realisasi penyerapan anggaran pada periode berikutnya semakin meningkat dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Evaluasi bulan depan, semua SKPD harus sudah ada kemajuan. Saya harapkan ini jadi perhatian semua SKPD,” tandas Gubernur Rusli Habibie.

Pewarta : Mersin
Editor : Haris
Foto : Salman

236 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply