Gubernur Serahkan PPKD Gorontalo di Kongres Kebudayaan Indonesia

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (tiga kiri) saat menghadiri Kongres Kebudayaan Indonesia di halaman kantor Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Minggu (9/12/2018). (Foto: istimewa).

JAKARTA, Humas – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyerahkan Pokok Pokok Kebudayaan Daerah (PPKD) Gorontalo kepada pemerintah pusat pada acara puncak Kongres Kebudayaan Indonesia yang digelar di kantor Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Minggu (9/11/2018).

PPKD merupakan amanah undang-undang UU No. 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Setiap daerah diharapkan dapat mengidentifikasi kekayaan budaya mulai dari benda cagar budaya, sarana prasarana kebudayaan, seni, tari, bahasa dan sebagainya.

“Alhamdulillah hari ini kita memasukkan PPKD dan ditetapkan menjadi strategi kebudayaan nasional. Beberapa bulan lalu usulannya kita tampung dari bawah, mulai dari budayawan,pemangku adat, seniman dan sebagainya,” jelas Gubernur Rusli usai acara.

Baca Juga :  Kunker ke Gorontalo, Pangdam XIII/Merdeka Disambut Secara Adat

Selain mengusulkan tentang warisan cagar budaya Gorontalo, Pemprov bersama Pemkab dan Pemkot mengusulkan berbagai ragam budaya daerah seperti tari-tarian, alat musik tradisional polo palo, dan bela diri khas Gorontalo longgo atau langga.

“Harapan saya berbagai budaya yang beragam ini bisa kita jaga bersama, bukan saja oleh daerah tapi juga oleh pemerintah pusat. Kita harus punya data base yang jelas budaya apa saja yang ada di daerah termasuk Gorontalo, apa masalahnya dan solusi apa yang bisa kita lakukan bersama-sama,” imbuhnya.

Kongres Kebudayaan Indonesia dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menyerahkan penghargaan kepada para seniman yang dinilai telah berprestasi di bidangnya.

Baca Juga :  Cek Kesiapan Pemilu 2019, Menkopolhukam Besok Ke Gorontalo

Acara yang berlangsung sejak 5 Desember kemarin menampilkan berbagai macam pertunjukan tari, musik, film, sastra, dan seni rupa. Ada pula diskusi publik kebudayaan yang diselenggarakan di area kantor Kementerian Pendidikan Kebudayaan.

Pewarta: Isam

199 total views, 1 views today

Berita Terkait

Gubernur: Ini Sejarah untuk Gorontalo GORONTALO (berita-rh) - Peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Paguat, oleh Presiden Joko Widodo disebut sebagai sejarah Gorontalo. Gubernur G...
Kunker ke Gorontalo, Pangdam XIII/Merdeka Disambut... Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang (tengah) bersama ibu Tiolinda Sari Manurung disambut secara adat mopotilolo oleh pemangku ada U Dulu...
Menkes Siap Bantu Pengembangan RS Ainun Gorontalo Menteri Kesehatan RI Nila F. Moeloek (dua kiri) bersama Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (tiga kiri) dan wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim (kanan)...
Bangka Barat Contoh Inovasi Penyelenggaraan Pemeri... GORONTALO - Bupati Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Drs. H. Parhan Ali,MM, kagum dengan berbagai inovasi penyelenggaraan pemerinta...
Tags: