Gubernur Minta Percepatan Penyusunan RPJMD 2017-2022

GORONTALO – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, meminta kepada seluruh pejabat di lingkungan SKPD Provinsi Gorontalo untuk mempercepat penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022 sejak mereka berdua sebagai Gubernur-Wagub terpilih.

Rusli berharap agar target yang akan disusun jangan terlalu tinggi, ada beberapa program yang tinggal dilanjutkan, misalnya masalah pendidikan. Nanti juga tinggal dilihat mana yang kurang, begitu juga dengan sektor kesehatan dan program lainnya yang sudah masuk RPJMD pada tahun 2012-2017.

“Dalam waktu empat bulan RPJMD sudah rampung, sehingga kita masih punya waktu selama dua bulan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan, sederhana saja jangan terlalu tinggi. Jika yang sudah ada maka tinggal kita lanjutkan,” kata Gubernur Rusli Habibie saat memimpin rapat evaluasi serapan anggaran, Senin (29/5), di Ruang Dulohupa Kantor Gubernur Gorontalo.

Gubernur menambahkan, dalam penyusunan tersebut juga harus melihat kembali capaian kinerja dari RPJMD sebelumnya periode 2012-2017, tentu harus juga menyesuaikan keuangan daerah, baik melalui DAK maupun DAU.

“Kita wajib melihat kembali capaian capaian apa yang telah kita selesaikan. Saya harapkan, paling lambat September sudah rampung, dan untuk setiap SKPD setelah dipresentasikan nanti ada perbaikan,” tambahnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Pemprov Gorontalo Winarni Monoarfa mengatakan, terkait penyusunan RPJMD 2017-2022, pada akhir 2016 sudah menyelesaikan penyusunan RPJMD teknokratik, dan sudah mendapat masukan dari tenaga ahli Bappenas.

“Hal ini untuk melihat sinkronisasi antara program prioritas nasional dengan program daerah lima tahun kedepan,” kata Winarni.

Untuk itu pihaknya meminta kepada SKPD untuk terus membangun koordinasi dan sinergitas dengan SKPD kabupaten/kota, sehingga nantinya akan terlihat target dan sasaran yang akan kita capai untuk kurun waktu 2017-2022.

“Ini sangat penting dan jadi perhatian karena akan segera menyusun RPJMD dan akan lanjutkan penyusunan rencana strategi di setiap SKPD,” tandas Sekda.

Pewarta : Ecin

Foto.       : Salman

Editor.     : Asriani

 

119 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply