Gubernur Minta Pemkab Bonbol Sosialisasikan Waduk Bone Hulu

Gorontalo – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, berharap agar Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupatinya dapat mensosialisasikan, perencanaan pembangunan Waduk Bone Hulu.

“saya berharap pemerintah daerah dapat membantu pemerintah provinsi untuk meyakinkan masyarakat terkait pemanfaatan waduk tersebut,” Kata Rusli Habibie, saat pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Gorontalo 2017, yang dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Dihadapan Mendagri, Gubernur menjelaskan bahwa, Pemerintah pusat dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional telah menyetujui untuk membangun Waduk Bone Hulu di Kabupaten Bone Bolango.

Menurutnya bahwa, setiap masuk musim hujan, akibat dari luapan Sungai Bone, selalu terjadi banjir yang mengancam masyarakat Dua daerah yaitu Kabupaten Bone Bolango dan Kota Gorontalo.

“sehingga pembangunan waduk Bone Hulu dianggap perlu,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa, pemerintah pusat telah menganggarkan dan menyetujui, bahkan progres pembangunanya telah masuk dalam rencana pembangunan 49 Waduk di Indonesia, dimana salah satunya ada di Gorontalo.

Namun saat ini, rencana pembangunan tersebut masih belum mendapatkan persetujuan dari masyarakat, meskipun demikian, pihaknya yakin pemerintah daerah Bone Bolango, dapat memberikan pengertian atas rencana pemanfaatan dari Waduk Bone Hulu tersebut.

“saya berharap pemerintah dapat meyakinkan masyarakat, untuk mendukung pembangunan waduk tersebut,” tegas Rusli Habibie.

Karena dari segi pemanfaatan Waduk tersebut diantaranya dapat mengatasi banjir, bisa untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air, untuk ketersedian air baku, irigasi, dan juga dapat dijadikan sebagai tempat wisata baru.

215 total views, 1 views today

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply