Gubernur Minta Nelayan Manfaatkan Teknologi Pencari Ikan

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kanan) memantau monitor Teknologi Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI) yang dioperasikan oleh Kadis Perikanan dan Kelautan Provinsi Sutrisno (kiri) pada saat kunjungan kerja gubernur di Pelabuhan Ikan Tenda, Kota Gorontalo, Sabtu (28/10).

 

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meminta kepada nelayan untuk memanfaatkan teknologi pencari ikan atau dikenal dengan Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI) yang telah disiapkan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan provinsi. Teknologi tersebut dinilainya sangat membantu nelayan untuk mendapatkan tangkapan yang banyak dengan efisiensi waktu dan jarak tempuh.

“Itu alatnya sangat canggih tidak perlu lagi nelayan susah susah mencari ikan untuk ditangkap. Jadi bapak bapak ketika melaut harus berkoordinasi dengan pihak pelabuhan untuk tahu di koordinat berapa ikan ikan itu berkumpul. Ada juga informasi kedalaman laut, tinggi gelombang, cuaca dan lain lain,” jelas Rusli.

Lebih lanjut Rusli menjelaskan, teknologi ZPPI merupakan hasil kerjasama pemerintah provinsi dengan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN). Data satelit yang dimiliki LAPAN selanjutnya dikirimkan kepada Dinas Perikanan dan Kelautan untuk diteruskan kepada para nelayan.

“Para nelayan beberapa tahun lalu juga sudah banyak yang saya kirim ke Indramayu untuk belajar menggunakan teknologi ZPPI ini. Di sana sudah duluan menerapkannya. Jadi saya harap penggunaan teknologi semacam ini terus dioptimalkan untuk hasil tangkapan yang lebih baik,” imbuhnya.

Pemprov juga sudah menyerahkan lima unit alat monitor kepada nelayan untuk membaca data dari ZPPI. Bagi nelayan yang belum memilik monitor sendiri, diminta bisa memanfaatkan monitor besar yang disiapkan di Pelabuhan Ikan Tenda.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi ketua tim penggerak PKK Idah Syahidah saat memberikan bantuan kepada para nelayan di Pelabuhan Ikan Tenda, Kota Gorontalo, Sabtu (28/10).

 

Rusli berharap agar dinas terkait untuk menjaga monitor pemantau ZPPI dengan baik. Termasuk menyiapkan operator yang sewaktu waktu dapat menginformasikan kepada nelayan.

Pada kesempatan tersebut gubernur yang didampingi oleh ketua tim penggerak PKK Idah Syahidah menyerahkan bantuan perikanan senilai 12 Milyar Rupiah. Bantuan tersebut terdiri dari 1 Unit Kapal Mina Maritim dari Kementrian KKP, Perahu fiberglass kapasitas 3 GT sebanyak 9 unit, 9 unit perahu fiberglass  5 GT,  6 unit motor tempel kapasitas 15 PK. Selain itu ada uga coolboox speeder 20 unit dan perahu fiberglass dengan kapasitas 5 Grosston (GT) sebanyak 15 unit. Semua bantuan tersebut tersebar di satu kabupaten dan lima kota di Provinsi Gorontalo.

Pewarta/editor : Isam

Foto : Salman

380 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply