Gubernur Kecewa ‘Karawo Run’ Kurang Promosi

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie memberi selamat kepada juara 1 Karawo Run

 

GORONTALO – Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo kembali menggelar event festival nasional di Provinsi Gorontalo. Setelah Bulan Mei lalu menggelar Festival Kirab Nusantara,  Minggu (10/9) Dinas Pariwisata kembali menggelar festival nasional Karawo Run.

Karawo Run adalah ajang lomba lari marathon dimana bekerja sama dengan pihak dunia lari event marathon dari dalam dan luar negeri. Sekitar 2800 runners atau pelari yang mengikuti ajang lari ini baik dari Gorontalo maupun dari berbagai daerah. Bahkan ada peserta dari luar negeri yaitu dari negara Kenya sebanyak 7 orang.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dalam sambutannya mengatakan, untuk ajang festival besar seperti ini adalah kesempatan baik bagi Gorontalo untuk lebih mempromosikan apa saja yang dimiliki oleh negeri Serambi Medina ini.

“Ini adalah kesempatan emas bagi Gorontalo. Banyak orang yang hadir disini, ini kesempatan kita promosikan pariwisata yang ada. Saya tegaskan kepada panitia, ajang sebesar ini harusnya bisa dipromosikan, bisa disosialisasikan dengan sangat baik juga. Jujur saya agak kecewa melihat ini tidak sesuai ekspektasi saya dengan pak wagub,” kata Rusli.

Gubernur menjelaskan, harusnya acara seperti ini bisa membuat Gorontalo terkenal, yang datang tidak hanya ingin ikut lomba akan tetapi bisa tau apa itu Gorontalo, ada apa saja yang ada di Gorontalo, khususnya dari segi destinasi wisatanya.

Gubernur yang terlihat  kecewa dengan  panitia memberikan saran agar kegiatan-kegiatan seperti ini harus terpadu antara provinsi serta kab/kota dan merubah cara berpikir panitia dalam menyelenggarakan festival-festival lainnya.

“Jangan bikin event sendiri sendiri. Contohnya seperti akan ada festival Saronde, karena Saronde ada di Gorontalo Utara, maka dibikin sendiri disana. Ada namanya festival Boalemo dibikin sendiri di Boalemo, ada namanya festival Danau Limboto, dibikin sendiri di Kab. Gorontalo. Coba ini dirubah mindsetnya.  Kegiatan seperti ini harusnya terpadu dipusatkan di provinsi namun kabupaten kota harus ikut. Dengan demikian bisa ramai , masyarakat dari luar daerah bisa tahu keanekaragaman Gorontalo,” tegasnya panjang lebar.

Lomba lari marathon Karawo Run terdiri dari beberapa kategori. Yakni Kategori anak anak dengan jarak 1,7 KM dijuarai oleh Aslan dari Gorontalo, Kategori Remaja Putra Putri dengan jarak 5 KM dijuarai oleh Nurain Ishak dari Gorontalo dan Samsons dari Kenya. Kategori Dewasa Jarak 12 KM Putra Putri dijuarai oleh Chintya dari Kenya dan Stiby juga dari Kenya.

Pewarta : Ecin

Foto        : Salman

Editor     : Asriani

115 total views, 4 views today

author

Author: 

Leave a Reply