Gubernur Janji Jalan-Listrik Tolinggula Tuntas 2018

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat meninjau jalan di Desa Papualangi dan Desa Cempaka Putih Kecamatan Tolinggula

GORUT – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie berjanji akses jalan dan pemasangan listrik di Desa Papualangi dan Desa Cempaka Putih Kecamatan Tolinggula tuntas di tahun 2018. Pernyataan itu disampaikan Rusli saat menggelar kunjungan kerja ke Desa Cempaka Putih, Kamis (28/9).

Menurut Rusli, masalah jalan dari dan menuju desa tersebut sudah menjadi komitmennya sejak berkunjung ke desa itu beberapa bulan lalu. Saat ini pekerjaan jalan sedang berlangsung meskipun belum menyentuh sampai di ujung desa di Kabupaten Gorontalo Utara itu.

“Tadi saya sudah tinjau pekerjaan jalan dan jembatan yang sedang dikerjakan. Memang panjangnya belum sampai ke sini, tapi saya berjanji tahun depan bisa segera tuntas,” tutur Rusli.

Saat ini pemprov sedang mengerjakan jalan sepanjang 5,38 KM dengan anggaran 36 Milyar Rupiah. Selain itu ada pekerjaan 6 jembatan. Direncanakan juga tahun 2018 nanti akses jalan Cempaka Putih tembus hingga ke Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato.

Kalau kita jual aset di tiga desa, di sini ada kebun cokelat, cengkeh, durian harganya mungkin tidak sampai satu milyar. Tapi anggaran yang saya perjuangkan untuk jalan ada 40 Milyar. Secara keseluruhan ada 100 Milyar lebih. Karena apa? Karena tanpa bapak ibu sekalian Rusli Habibie dan Idris Rahim tidak mungkin jadi gubernur. Ketika saya sudah menjabat, maka saya perhatian semua rakyat termasuk yang di sini, imbuhnya.

Untuk tiba di desa kawasan transmigrasi tahun 80an tersebut terbilang cukup sulit. Ada 21 jembatan kayu yang sudah lapuk yang harus ditembus. Jalan belum sepenuhnya di aspal, di beberapa lokasi jalannya masih tanah dan licin. Saat gubernur berkunjung, hujan turun cukup lebat yang mengakibatkan beberapa mobil pejabat pemprov terpaksa tertahan di bawah kaki gunung.

Selain masalah akses jalan, aspirasi yang sering disampaikan warga yakni tentang akses listrik PLN yang belum ada. Rusli yang ikut mengajak Manager PLN wilayah Gorontalo meminta agar PLN segera menuntaskan pemasangan listrik di tahun 2018 nanti.

Pewarta/editor : Ismail

Foto                    : Salman

199 total views, 2 views today

author

Author: 

Leave a Reply