Gubernur Jabar “Ajari” Gorontalo Soal Pengembangan Pariwisata

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bertukar cinderamata dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat peluncuran Calender of Event Pariwisata Gorontalo bertempat di Kampus Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB), Jawa Barat, Rabu (24/4/2019). Mantan Wali Kota Bandung itu menilai ada perubahan paradigma wisata zaman dulu dengan zaman sekarang khususnya bagi generasi milenial. (Foto: Isam-Humas).

Bandung,  Humas – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berbagai ilmu tentang pengembangan wisata daerah. Menurutnya, ada perubahan paradigma wisata zaman dulu dan zaman sekarang, khususnya bagi generasi milenial. Hal yang lazim disebut sebagai esteem tourism.

“(Generasi) kita datang (ke tempat wisata) foto-foto seperlunya, menikmati sebanyak-banyaknya. Tapi untuk generasi Z, menikmati seperlunya, foto-foto sebanyak banyaknya. Jadi mereka datang, ngantri, bayar, foto-foto, dapat like di instagram happy lahir dan batin,” jelas Ridwan Kamil saat memberikan sambutan pada Peluncuran Calender of Event Pariwisata Gorontalo 2019 bertempat di Kampus Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB), Jawa Barat, Rabu (24/4/2019).

Baca Juga :  Pemberdayaan Masyarakat Tingkatkan Ekonomi Rakyat

Ia berharap, Provinsi Gorontalo bisa meniru upaya pengembangan destinasi wisata seperti yang dilakukan oleh Jabar. Ridwan menjadikan Negeri Pasundan sebagai Provinsi Pariwisata.

Strateginya dengan tiga langkah yakni memperbaiki akses potensi wisata, potensi pariwisata disulap berkelas nasional dan internaisonal serta strategi menciptakan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata seperti Nusa Dua di Bali.

“Pariwisata itu bisnis kegembiraan. Jadi terjemahkan aja bagaimana bikin orang gembira. Contoh kegembiraan di kolong jembatan. Kita rubah kolong jembatan menjadi nyaman dan orang bisa bergembira,” imbuhnya.

Peluncuran Calender of Event Pariwisata Gorontalo 2019 sengaja digelar di Jawa Barat. Selain diintegrasikan dengan pembukaan Travel Mart oleh STPB Bandung, momentum ini diharapkan bisa menjadi pelajaran untuk pengembangan wisata Gorontalo.

Baca Juga :  Wagub Idris Rahim Tinjau Langsung Lokasi Banjir

“Kami ke sini ingin belajar. Kedua ingin mengajak investor untuk datang dan berinvestasi di Gorontalo. Kami siapman perizinan yang mudah dan murah. Ketiga kami ingin ada pengembangan SDM pariwisata,” ungkap Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Pewarta: Isam

300 total views, 1 views today

Berita Terkait

Ketua TP.PKK Gorontalo : Pemandu Wisata Harus Meng... Ketua TP.PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah (baju pink) di dampingi I Gusti Ngurah Staf Khusus Ahli Kementerian Pariwisata RI, Kepala Dinas Pariwis...
Akomodasi Hotel Belum Dukung Destinasi Wisata Goro... Sejumlah wisatawan sedang berada di obyek wisata Benteng Otanaha di Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo belum lama ini. Benteng Otanaha menjadi dest...
Dua Agenda Pariwisata Gorontalo Masuk 100 Event Na... Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (tiga kiri) didampingi Staf Ahli Menteri Pariwisata Anang Sutoni (dua kiri) serta Gubernur Jabar Ridwan Kamil (tiga ...
Wiranto Resmikan Ruangan Baru Grand Q Hotel Menko Polhukam Wiranto (kanan) didampingi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (tengah) dan Bupati Boalemo Darwis Moridu (kiri) saat meresmikan pemanfaat...
Tags: