Gubernur Gorontalo Serahkan Anugerah Bintang Demokrasi

Pj.Gubernur Gorontalo, Prof. Zudan Arif Fakrullah menyerahkan penghargaan kepada pemenang Anugerah Bintang Demokrasi

 

Gorontalo – Sesuai  janji Penjabat Gubernur Gorontalo  yang  akan memberikan penghargaan Anugerah Bintang Demokrasi, Rabu (5/4) malam, Pj. Gubernur  menyerahkan langsung penghargaan tersebut. Indikator  penerima penghargaan berupa TPS dengan partisipasi pemilih terbanyak, paling meriah, dan aman, pada Pemilukada 2017.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Gorontalo, Adrian Lahay mengatakan bahwa, penghargaan Anugerah Bintang Demokrasi tahun 2017 ini, bertujuan untuk menumbuh kembangkan semangat masyarakat dalam mengsukseskan Pemilukada Gorontalo.

“Ini memberikan motivasi kepada penyelenggara pemilu, untuk mewujudkan pemilukada yang jujur, kredibel dan bermartabat,”kata Adrian Lahay.

Menurutnya, penghargaan ini juga adalah sebagai bentuk peran pemerintah daerah, untuk menanamkan dan menumbuhkan etika demokrasi bagi masyarakat.

“Kegiatan malam penganugerahan ini, sebagai bentuk silaturahim bagi seluruh elemen masyarakat pasca  Pemilukada Februari kemarin,”jelasnya.

Dalam mengidentifikasi, penilaian dan perekapan pada 1979 TPS, secara berjenjang dilakukan koordinasi dan komunikasi baik dengan KPU maupun pemerintah kabupaten/kota.

“Pemerintah Provinsi pada akhirnya melakukan penilaian, mulai dari tingkat TPS, Desa, Kecamatan hingga tingkat kabupaten/kota,”ujar Adrian.

Didalam pelaksanaan penilaian ada beberapa kategori yang menjadi indikator penilaian, yaitu, TPS terindah, partisipasi tertinggi, dan serta beberapa indikator lainya.

Tidak hanya itu, untuk partisipasi pemilih tertinggi juga diberikan penghargaan mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan hingga tingkat kabupaten/kota.

Foto bersama antara pj. Gubernur Gorontalo dan para penerima penghargaan Anugerah Bintang Demokrasi

 

Secara berturut-turut, juara  pertama hingga ketiga  Penghargaan Anugerah Bintang Demokrasi  diraih oleh TPS 1 Desa Tingkohubu Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango, TPS 1 Desa Monkonow Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara, dan  TPS 1 Desa Pentadu Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato. Sementara itu juara harapan satu  hingga ketiga diraih oleh TPS 1 Desa Barakati Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo, TPS 3 Desa Lamu Kabupaten Boalemo, dan TPS 5 Kelurahan Donggal Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo.

Pemenang partisipasi tertinggi tingkat desa/kelurahan, yaitu diraih oleh Desa Karangetan Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato, tingkat kecamatan diraih oleh Kecamatan Bolango Ulu Kabupaten Bone Bolango, partisipasi tertinggi tingkat kabupaten/kota dari lima kabupaten dan satu kota di Gorontalo diraih oleh Kabupaten Bone Bolango (Ecin – Tim Redaksi Humas / Foto : Salman Asmu )

226 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply