Gubernur Gorontalo Resmikan Program Kewirausahaan Siswa SMA

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (tengah) didampingi ketua tim penggerak PKK Idah Syahidah (kiri) dan Kepala Sekolah SMA 1 Tibawa Maryam Ui (kanan) saat meninjau produk hasil kewirausahaan siswa, Sabtu (28/10). SMA 1 Tibawa menjadikan dodol yang dibungkus dengan daun Woka sebagai produk unggulan yang diberi nama “Dodol Pocong” dengan kemasan yang lebih menarik dan menjual.

 

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi ibu ketua tim penggerak PKK Idah Syahidah meresmikan Program Kewirausahaan Siswa di SMA Negeri 1 Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Sabtu (28/10). Produk yang menjadi unggulan yaitu dodol yang diberi nama “Dodol Pocong”.

Pada kesempatan tersebut gubernur diajak mengunjungi stand pameran produk produk hasil olahan dan rekayasa teknologi para siswa. Selain dodol, beberapa produk panganan seperti keripik pisang, Binte Biloti (berbahan dasar Jagung) juga ikut dipamerkan kepada gubernur, orang tua siswa dan alumni yang hadir. Ada juga karya seni dari barang bekas seperti tempat lampu dan bingkai foto.

Gubernur menyambut baik upaya pihak sekolah untuk menumbuhkan semangat wirausaha siswa. Menurutnya, semangat dagang patut diperkenalkan kepada anak anak di usia muda. Dengan berdagang, tidak saja menghasilkan pendapatan tetapi juga membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

“Para siswa maupun mahasiswa tidak usah lagi bercita-cita menjadi pegawai negeri. Menjadi pegawai sekarang sangat terbatas dan ketat. Kalau ingin punya uang maka berdagang. Jadi petani, petani yang tekun. Jadi nelayan, nelayan yang serius,” terang Rusli memotivasi siswa.

Menurut gubernur berlatar belakang pengusaha itu, menjadi seorang wirausahawan sukses tidak saja membutuhkan keterampilan, tetapi juga semangat untuk maju. Semangat untuk terus bangkit meski kerap kali mengalami pasang surutnya usaha yang dijalankan.

“Saya juga waktu muda merintis usaha dari nol. Sempat bekerja di PT Dirgantara Indonesia belasan tahun. Saya berhenti dan bangun usaha di Gorontalo. Alhamdulillah usaha saya berhasil dan sekarang jadi gubernur,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Tibawa Maryam Ui menjelaskan, Program Kewirausahaan Siswa merupakan program pemerintah nasional melalui Kemendikbud. Di Gorontalo ada tiga sekolah yang menjadi percontohan yakni SMA 1 Tibawa, SMA 2 Kota Gorontalo dan SMA 1 Paguyaman.

“Nah di kita yang kami kembangkan itu ada budidaya tanaman, ada pengolahan makanan, kerajinan dan rekayasa teknologi. Untuk budidaya tanaman kami dibina langsung oleh ibu gubernur ibu Idah Syahidah. Untuk pengelolaan makan kita kerjasama dengan UMKM di kecamatan Tibawa dan sekitarnya khususnya makanan dodol. Peran kita dalam hal kemasan dan penamaan” terang Maryam.

Maryam menjelaskan jika sekolahnya menjadikan “Dodol Pocong” sebagai produk unggulan yang dipasarkan hingga ke outlet oulet perkotaan dan bandara Djalaluddin. “Dodol Pocong” menjadi brand produk yang unik hasil desain siswa yang diharapkan memiliki nlai jual yang tinggi di pasaran.

 

Pewarta/editor : Isam

Foto : Salman

321 total views, 2 views today

author

Author: 

Leave a Reply