Gubernur Gorontalo Kunjungi Korban Bencana di Palu

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat menyapa korban gempa dan tsunami yang ditampung di Posko Induk BPBD di Kantor PU Bina Marga Sulawesi Tengah, Sabtu (6/10/2018). Rusli meminta warga yang sebagian besar berasal dari Gorontalo untuk kembali ke daerah untuk memulihkan kondisi dan mengobati trauma pasca bencana. (Foto: Salman-Humas).

PALU, Humas – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama istri Idah Syahidah mengunjungi korban gempa dan tsunami di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (6/10/2018).

Gubernur Rusli yang didampingi oleh Danrem 133/Nani Wartabone, Danlanal, Kajati, Kabinda, Kepala Pengadilan Tinggi serta sejumlah pimpinan OPD terbang ke Palu menggunakan pesawat Wings Air. Rombongan tiba di Bandara Sis Aljufry sekitar pukul 10.00 Wita.

Baca Juga :  Pemprov Gorontalo Prediksi Partisipasi Pemilu 2019 Capai 90,88%

Titik pertama yang dikunjungi Gubernur Rusli bersama rombongan yakni posko dapur umum yang dibangun di kompleks kantor Dinas Sosial Provinsi Sulteng. Di lokasi tersebut, petugas sedang sibuk menyiapkan makan siang untuk 2000-6000 pengungsi.

“Terima kasih pak gubernur. Terima kasih atas perhatiannya kepada kami,” ucap para pengungsi yang memadati lokasi tersebut.

Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah mencium salah satu bayi yang selamat dan ditampung di Posko Induk Kantor PU Bina Marga Sulteng, Sabtu (6/10/2018). Idah datang ke Palu mendampingi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan unsur Forkopimda untuk melihat dari dekat kondisi para korban di lokasi pengungsian. (Foto: Salman-Humas).

Di dapur umum, Rusli memotivasi para relawan Dinsos dan Tagana untuk selalu ihlas dan tulus melayani para korban. Gubernur juga sempat mengecek kesiapan logistik yang ada di lokasi.

Baca Juga :  Temui Wagub, Bupati Gorut Lapor Persiapan Jelajah Sepeda Nusantara

Rombongan selanjutnya bergerak ke posko induk Pemprov Gorontalo yang berlokasi di Kantor PU dan Bina Marga Sulteng. Posko ini melayani pemeriksaan kesehatan dan proses pemulangan pengungsi ke Gorontalo.

“Ini musibah yang tidak kita sangka-sangka. Tidak kita harpakan, tapi karena musibah sudah datang maka kita sudah harus menerima. Sabar, tawaqal dan berdoa semoga musibah ini tidak akan datang lagi di Indonesia termasuk Palu dan Gorontalo,” imbuhnya.

Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah berbincang dengan salah satu anak korban selamat dari gempa dan tsunami yang ditampung di Posko Induk Kantor PU Bina Marga Sulteng, Sabtu (6/10/2018). Idah mendengarkan kisah anak-anak pengungsi yang berhasil selamat dari gempa dan tsunami yang terjadi Jumat, pekan lalu. (Foto: Salman-Humas).

Rusli juga berkesempatan bertemu dengan Gubernur Sulteng Longki Djanggola dan menyerahkan secara simbolis bantuan dari pemprov Gorontalo senilai Rp1 Miliar. Bantuan terdiri dari logistik dan uang tunai senilai Rp500 Juta.

Baca Juga :  Gorontalo Kembali Kirim Bantuan ke Palu

Pengungsi yang ingin kembali ke Gorontalo juga dilepas keberangkatannya seusai shalat Zuhur. Ada 217 orang yang hari ini menuju Gorontalo dengan menumpang 8 unit bus yang sudah disiapkan pemerintah. Keberangkatan para pengungsi mendapat pengawalan personil Polda dan Korem 133/Nani Wartabone.

Pewarta: Isam

624 total views, 1 views today

Berita Terkait

Gubernur Sulteng Berterima Kasih pada Pemerintah d... Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kiri) menyerahkan bantuan bencana kepada Gubernur Sulteng Longki Djanggola di Posko Induk Pemprov Gorontalo di hala...
Meminta Segera Dievakuasi, 39 Warga Palu Diberangk... Sejumlah warga korban gempa di Palu yang ingin dievakuasi ke Gorontalo malam ini, Rabu (3/10/2018). Sebanyak 39 orang diberangkatkan menggunakan mobi...
Anak Pengungsi Sulteng Gratis Sekolah di Gorontalo Dua orang anak korban gempa dan tsunami di Sulteng sedang menyantap makanan di Posko Induk Pengungsian Pemprov Gorontalo berlokasi di Kantor Dinas PU...
Kamis Besok, Warga Gorontalo di Palu Dievakuasi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (tengah) memimpin rapat gabungan yang berlangsung di Rumah Jabatan Gubernur, Rabu (03/10/18). Rapat yang dihadiri ol...
Tags:
author

Author: