Gubernur Gorontalo Komitmen Bangun Pemerintahan Tanpa Korupsi

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi oleh Inspektur Provinsi Ahmad Rosadi saat menghadiri peringatan Hari Antikorupsi se Dunia (Hakordia) 2017 di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (11/12).

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menghadiri peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2017 yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (11/12). Acara yang diintegrasikan dengan Konferensi nasional Pemberantasan Korupsi ke-12 dan e-LHKPN itu dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo.

Kepada awak media seusai acara, Gubernur Rusli Habibie kembali mengemukakan komitmennya untuk menjalankan pemerintahan tanpa korupsi. Hal itu dapat terwujud jika penyelenggara pemerintahan daerah bisa melaksanakan sistim keuangan dan pengadaan barang dan jasa  yang transparan dan akuntabel.

“Kita sudah membangun sistim pencegahan korupsi yang terintegrasi. Dari perencanaan, pelaksanaan, pembayaran, evaluasi, pelaporan semua sudah satu sistim. Itu akan kita terapkan pada APBD 2018 nanti”, terang Rusli.

Selain membangun sistim pengelolaan keuangan, menurut Rusli, perlu juga membangun regulasi sistim perizinan yang mudah dan cepat. Hal ini dimaksudkan agar pelayanan tidak berbelit belit dan berpotensi terjadinya tindak pidana korupsi, kolusi dan nepotisme.

“Ini juga menjadi arahan bapak presiden tadi agar pemerintah termasuk di daerah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat lebih efektif. Merubah regulasi perizinan agar tidak mempersulit dan berpotensi korupsi”, imbuhnya.

Gubernur dari partai Golkar itu berharap, agar masalah korupsi menjadi perhatian dan kepedulian semua pihak. Masyarakat diminta berperan aktif untuk memberikan laporan jika mengetahui ada indikasi pelanggaran korupsi oleh pejabat maupun aparat pemerintahan. Laporan harus berdasarkan data yang akurat.

“Jangan laporannya hanya fitnah dan mencari-cari kesalahan orang”, pungkasnya.

Pewarta/editor : Isam

Foto : ADC Gubernur

161 total views, 3 views today

author

Author: