Gubernur Gorontalo Janji Akses Jalan Biluhu Tuntas Oktober 2019

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama pihak terkait saat meninjau progres pengerjaan jalan Biluhu

GORONTALO – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, menjamin pekerjaan akses Kota Gorontalo-Biluhu-Tangkobu sepanjang 85 kilometer akan tuntas diperiodenya yang kedua ini.

Ini merupakan mega proyek yang didanai APBN dengan nilai Rp 106 miliar.

“Sejauh ini, progres pekerjaan sudah mencapai 39 persen,” ujar Rusli Habibie ketika diwawancarai sejumlah awak media saat melakukan  peninjauan  progres pekerjaan jalan Biluhu, Kamis (8/6) di Kec. Biluhu Barat, Kabupaten Gorontalo .

Rusli menambahkan, status jalan Biluhu awalnya adalah jalan kabupaten. Setelah itu diserahkan menjadi jalan provinsi untuk diperbaiki. Hanya saja karena terkendala anggaran, Pemerintah Provinsi Gorontalo kemudian mengusulkannya menjadi jalan nasional pada tahun 2015.

Dari satu sisi, terbukanya akses Biluhu sangat didambakan masyarakat setempat yang sudah lebih dari 60 tahun hidup terisolir karena persoalan akses. Sementara disisi lain  manfaatnya sangat besar karena akan mendorong potensi pariwisata, pertanian, dan perkebunan yang dimiliki daerah Biluhu.

“Kita melihat jalan ini begitu potensial dan sangat dibutuhkan masyarakat. Karena anggaran kita tidak mampu, kita berupaya mengusulkannya. Alhamdulillah mulai tahun 2016 kita dapat anggaran. Mudah-mudahan dua tahun kedepan ini akan segera kita tuntaskan,”  tambahnya.

Dijelaskannya, pekerjaan akses Biluhu masih satu rangkaian dengan akses yang disebut Gorontalo Out Ring Road (GORR). Akses GORR tidak  saja menjadi konektifitas Bandara ke Kota Gorontalo. Dari wilayah selatan, GORR nantinya akan memutar mengikuti kelurahan Tenda hingga tembus ke akses Biluhu, sampai ke wilayah Pentadu, Kabupaten Boalemo.

Sementara itu di wilayah utara GORR direncanakan agar terkonek dengan dengan akses Tapa menuju Atinggola kemudian memutar menuju Botupingge hingga ke Bilungala.

“Dalam rapat terbatas dengan Presiden baru-baru ini, akses Tapa-Atinggola ini juga sudah kita usulkan. Kalau akses ini terbangun akan memotong jarak dari Kota Gorontalo ke wilayah Sulut sejauh 70 kilometer,” terangnya.

Rusli menambahkan, kedepan bila semua akses yang telah direncanakan ini sukses terealiasasi, maka seluruh wilayah Gorontalo akan terkonek sepenuhnya dan secara otomatis akan sangat menunjang pertumbuhan ekonomi Gorontalo.

“Mudah-mudahan ini bisa terealisasi. Yang saya butuhkan adalah dukungan masyarakat. Contoh untuk pembangunan akses Biluhu, bila ada lahan masyarakat yang terkena dampak pembangunan, tolong diserahkan. Nanti pemerintah akan ganti untung. Masyarakat akan mendapatkan manfaat besar dari pembangunan ini,” tandasnya.

Pewarta : Rasid/Ecin

Foto.       : Salman

Editor.    : Asriani

379 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply