Gubernur Gorontalo Instruksikan Semua Pegawai Jadi Agen Humas

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meminta kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya di lingkungan pemerintah provinsi untuk menjadi agen humas pemerintah. Menurutnya, upaya penyebarluasan informasi tentang kegiatan dan program pemerintah tidak saja menjadi tanggungjawab Biro Humas Protokol sebagai instansi teknis, tapi juga menjadi tanggungjawab semua ASN.

 

“Semua pegawai harus jadi humas di instansi masing-masing. Saya minta ini menjadi perhatian serius ibu Sekda dan para kepala-kepala dinas. Setiap pegawai harus menjadi penghubung antara pemerintah dengan masyarakat atau sebaliknya,” tegas Rusli.

 

Pernyataan Rusli tersebut bukan tanpa alasan. Menurutnya, dengan kecanggihan teknologi dewasa ini menyebabkan arus informasi berlangsung cepat dan dinamis di ruang ruang publik. Lambatnya respon pemerintah terhadap isu-isu publik menyebabkan jatuhnya kepercayaan di mata publik.

 

“Jadi begini ya, kita ini sudah capek capek kerja. Bangun ini bangun itu, bikin program gratis A sampai program gratis Z, tapi kalau masyarakat tidak tahu apa yang kita perbuat maka semua jadi percuma. Perlu juga diingat, kegagalan pemerintah sekarang tidak lagi diukur dari mereka kerja atau tidak, tapi sejauh mana opini baik yang terbentuk di masyarakat,” imbuh gubernur dua periode itu.

 

Keterlibatan pegawai sebagai agen humas pemerintah menurut Rusli dibutuhkan dalam tiga hal. Pertama sebagai orang yang mampu memberikan informasi sekaligus meluruskan informasi yang keliru di masyarakat baik secara langsung maupun di media sosial. Kedua menjadi orang terdepan dalam hal promosi potensi daerah baik ekonomi, pariwisata, adat, budaya dan lainnya. Ketiga, pegawai harus mampu membangun optimisme publik.

 

“Sekarang kan sudah canggih. Semua hp sudah ada facebook, instagram, whatsapp dan lain lain. Daripada sebar berita hoax dan saling membenci, mending pegawai bagikan berita program dan kegiatan pemerintah. Termasuk menerima setiap masukan dan kritikan dari masyarakat untuk diteruskan ke instansi terkait,” bebernya.

 

Dihubungi secara terpisah, Kepala Biro Humas dan Protokol Zukri Surotinojo menyambut baik instruksi gubernur tersebut. Menurutnya, pemprov sudah punya infrastruktur yang dibutuhkan sebagai media informasi. Sayangnya media tersebut belum dimanfaatkan oleh setiap instansi. Kontribusi organisasi perangkat daerah (OPD) menurutnya masih minim dalam hal memberikan informasi program kegiatan maupun menyebarluaskan informasi di media sosial.

 

“Setiap saluran informasi kita siapkan. Selain kerjasama dengan media massa, kita sudah punya website informasi resmi pemerintah di humas.gorontaloprov.go.id, kita punya akun facebook humas gorontalo prov, twitter, instagram dst. Sekarang tinggal bagaimana membangun kesadaran ASN untuk ikut menyebarluaskan dan berkontribusi mengisi konten informasi kepada masyarakat,” ujar Zukri.

 

Pihaknya segera menyiapkan edaran atas instruksi gubernur untuk diteruskan kepada setiap instansi. Instruksi yang harus menjadi perhatian para pegawai khususnya bagi para pimpinan OPD.

 

Pewarta/editor : Isam

Foto : Dokumentasi Biro Humas Protokol

681 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply