Gubernur Gorontalo Ingin Siswanya Belajar Pariwisata di STPB

0
229
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kanan) bertukar cinderamata dengan Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Ekonomi dan Kawasan Pariwisata, Anang Sutoni saat meluncurkan Calender of Event Pariwisata Gorontalo 2019 di STKB, Bandung, Jawa Barat, Rabu (24/4/2019). (Foto: Isam-Humas).

BANDUNG, Humas – untuk meningkatkan SDM pariwisata di daerah, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie ingin mengirimkan siswa siswi terbaiknya sekolah di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) di Jawa Barat. Keinginan itu disampaikan Rusli saat menghadiri peluncuran Calender of Event Pariwisata Gorontalo 2019 di kampus tersebut, Rabu (24/4/2019).

“Tadi saya sudah sampaikan ke ibu Kadis (Pariwisata) untuk segera bikinkan draf MoU dengan STPB, kita mengirimkan beasiswa bagi putra putri Gorontalo belajar pariwisata di sini,” tegas Rusli Habibie.

Selain menjadi sekolah kedinasan Kementrian Pariwisata, sekolah yang dulunya bernama NHI itu sudah melahirkan alumni-alumni handal bidang pariwisata. Ia berharap ilmu dari sekolah tersebut bisa diserap oleh putra putri daerah.

Menurut Gubernur Gorontalo dua periode itu, SDM pariwisata sangat penting untuk daerah. Sebab ia menilai, jika ukurannya sumber daya alam maka Gorontalo punya potensi yang tidak kalah dengan daerah lain bahkan negara lain.

“Keindahan laut kita punya, gunung, pantai juga punya. Tapi semua belum terkelola dengan baik,” imbuhnya.

Selain masalah SDM, ia menilai Gorontalo tak punya banyak sumber pendanaan untuk membiayai destinasi wisata. APBD yang hanya Rp1,9 triliun tidaklah cukup. Butuh peran pihak swasta untuk berinvenstasi pada destinasi wisata Gorontalo.

Terkait dengan Calender of Event Pariwisata Gorontalo, ada dua event yang masuk 100 Event Pariwisata Nasional 2019. Gorontalo Carnaval Karawo yang rencanakan digelar 6 Oktober 2019 serta Festival Danau Limboto yang dihelat tanggal 21-25 September 2019.

Artikel Terkait  Bapppeda Gorontalo Petakan Masalah Sampah Danau Limboto

Pewarta: Isam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini