Gubernur Gorontalo Hadiri Sertijab Pangdam XIII/Merdeka

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (tengah) foto bersama dengan Pangdam XIII/Merdeka yang baru Mayjen TNI Madsuni (kiri) dan Pangdam lama Mayjen TNI Ganip Warsito (kanan). Gubernur menghadiri upacara penyerahan pasukan Kodam XIII/Merdeka yang berlangsung di Manado, Sulawesi Utara, Senin (26/3). (Foto: Salman-Humas)

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menghadiri serahterima jabatan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka bertempat di Markas Kodam XIII/Merdeka di Manado, Sulawesi Utara, Senin (26/3).

Sertijab dilakukan dari pejabat lama Mayor Jenderal TNI Ganip Warsito kepada pejabat baru Mayjen TNI Madsuni yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus). Mayjen TNI Ganip Warsito selanjut akan bertugas sebagai Pati Sahli tingkat III Bidang Hubungan Internasional di Mabes TNI.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie usai acara sertijab mengungkapkan, dirinya sengaja hadir untuk menunjukkan bagaimana soliditas antara pemerintah daerah dengan pihak TNI. Bagi Rusli, kekompakan yang terbina antara pemerintah dan TNI-Polri sangat penting untuk keamanan daerah, menjaga keutuhan NKRI dan jalannya pembangunan.

“Alhamdulillah saya bersama dua gubernur lain (Gubernur Sulut dan Sulteng) hadir dalam sertijab Pangdam. Ini mengindikasikan bahwa hubungan kami dengan TNI maupun Polri berjalan sangat baik,” kata Rusli.

Pihaknya juga memuji sikap TNI dan Polri yang dinilai ikut berandil besar dalam pembangunan. Misalnya kerjasama yang saat ini terjalin dalam hal pembangunan infrastruktur padat karya, penghijauan dan di bidang pertanian.

“Terutama para Babinsa yang banyak membantu kami dalam hal percetakan sawah, pengelolaan Alsintan (alat mesin pertanian) dan lain-lain,” imbuhnya.

Sementara itu, Mayjen TNI Madsuni mengaku akan segera menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja barunya. Jenderal bintang dua ingin membangun komunikasi dan koordinasi dengan semua pihak untuk menjalankan tugas sebagai pucuk pimpinan di jajaran Kodam XIII/Merdeka.

“Saya sebagai pejabat baru akan melanjutkan apa yang telah dirintis oleh beliau (pejabat lama) dan kondisi satuan kondisi wilayah sangat mantap dan semangat sekali,” tutur Alumni Akmil 1988 itu.

Ditanya tentang rencana pengisian Komando Resort Militer (Korem) Nani Wartabone di Gorontalo, Mayjen Madsuni masih akan mempelajarinya. Pertanyaan yang langsung dijawab oleh Mayjen Ganip Warsito.

“Untuk usulan nama itu (Korem Nani Wartabone) sudah disetujui oleh TNI Angkatan Darat. Keputusan untuk pengoperasian Korem Gorontalo sudah ditandatangani Kasad tinggal menunggu pelaksanaannya. Jadi Korem 133/Nani Wartabone,” jelas Ganip.

Pewarta: Salman

Editor: Isam

347 total views, 1 views today

author

Author: