Gubernur Gorontalo Hadiri Musrenbang Pertanian Nasional 2018

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (dua kiri) mendampingi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (kanan) saat membuka pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian Nasional (Musrenbangtannas) 2018 di Jakarta, Senin, (21/05/2018). (Foto: Sani-Badan Penghubung).

JAKARTA, Humas – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian Nasional (Musrenbangtannas) 2018 yang berlangsung di kantor Kementrian Pertanian RI, Jakarta, Senin (21/5/2018). Rusli menjadi satu satunya gubernur yang diundang Mentan RI mengingat kontribusi Gorontalo dalam produktivitas dan ekspor jagung nasional.

“Tadi saat pak Mentan memberikan sambutan, beliau sempat menyebut pak gubernur sebagai pahlawan jagung. Beliau apresiasi produksi jagung kita yang hingga sekarang sudah ekspor 105 Ribu Ton jagung,” kata Kadis Pertanian Muljady D. Mario usia acara.

Pada pertemuan tersebut, dibahas juga tentang pengelolaan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) yang diberikan ke daerah. Brigade Alsintan, selaku operator pengelola dinilai Mentan sangat membantu petani memangkas biaya produksi pertanian. Lebih daripada itu, bantuan yang diberikan dapat dijaga dengan baik.

“Pak gubernur juga menyampaikan komitmen pemprov untuk tetap menggunakan Brigade Alistan sebagai operator alat. Keuntungannya biaya peminjaman alat jadi murah, dan alsintan kita subsidi termasuk untuk biaya perbaikannya,” imbuh Muljady.

Muljady juga menyebut bantuan jagung untuk Gorontalo tahun 2018 mengalami peningkatan dua kali lipat. Jika di awal tahun bantuan benih jagung dan pupuk hanya untuk 90.000 Ha, namun dipastikan naik menjadi 180 Ribu Ha hingga akhir tahun nanti.

Kenaikan itu tidak lepas dari naiknya target ekspor jagung Gorontalo yang dibebankan Mentan RI dari sebelumnya hanya 100 Ribu Ton menjadi 150 Ribu Ton tahun 2018 ini.

Pewarta/editor: Isam

265 total views, 2 views today

author

Author: