Gubernur Gorontalo Dukung Pemerintah Pusat untuk Stop Impor

Gorontalo – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, dihadapan Menteri Pertanian (Mentan) Amran Mustafa mengatakan pemerintah Gorontalo mendukung kebijakan pemerintah Pusat untuk stop impor.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie kepada Mentan, yang didampingi SKPD terkait, guna membahas sejumlah program bantuan dari Pemerintah pusat ke Gorontalo.

” Benar apa yang menjadi kebijakan Presiden Jokowi, bahwa kemandirian pangan tidak hanya berhenti mengimpor beras, tapi komoditas lainya juga perlu,” Kata Rusli Habibie.

Rusli menambahkan bahwa pihaknya juga setuju atas kebijakan pemerintah pusat, untuk stop import beras, daging dan lainya, namun hal itu juga harus ditunjang dengan infrastruktur pendukungnya yang cukup memadai disetiap daerah.

” Bersyukur tahun kemarin kita sudah melakukan ekspor jagung,” Ungkapnya.

Terkait persoalan infrastruktur pendukung, Rusli menggambarkan bahwa, jika ingin meningkatkan produksi pertanian, maka perhatian pemerintah terhadap perbaikan irigasi lahan pertanian, yang perlu untuk dibenahi.

Persoalan lainya seperti pengadaan pupuk atau bibit untuk pertanian juga harus tepat waktu, jangan sampai nanti sudah masuk musim tanam, pupuknya belum siap.

Pihaknya berharap dengan adanya program stop impor disektor pertanian oleh pemerintah pusat, petani di Gorontalo lebih bersemangat untuk meningkatkan produksinya, seiring dengan itu pemerintah mencarikan solusi perbaikan infrastruktur penunjang.

“jika sistem pengairan tersedia, maka kita bisa menanam apa saja yang kita mau sesuai dengan kemampuan petani itu sendiri,” Tegas Rusli.

231 total views, 1 views today

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply