Gubernur Gorontalo Buka Festival Pohon Cinta

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (lima dari kiri) membuka gelaran Festival Pohon Cinta, di obyek wisata Pohon Cinta, Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato, Kamis (3/5/2018). Festival ini menjadi satu dari 17 Kalender Pariwisata Gorontalo tahun 2018. (Foto: Salman-Humas).

POHUWATO, Humas – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie membuka kegiatan pariwisata bertajuk Festival Pohon Cinta di obyek wisata Pohon Cinta, Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato, Kamis (3/5/2018). Festival ini menjadi kegiatan pertama dari 17 Kalender Pariwisata Gorontalo yang diakui oleh Kementrian Pariwisata RI.

Gubernur Rusli mengingatkan kepada dinas terkait dan para pelaku pariwisata untuk lebih menggali potensi daerah. Menurutnya, hampir semua daerah menjual pantai serta keindahan bawah laut sebagai destinasi wisata.

Baca Juga :  Gubernur Minta Proyek RS Ainun Dikawal Aparat Hukum

Oleh karena itu, butuh ‘jualan’ yang berbeda agar pariwisata Gorontalo dilirik oleh wisatawan. Salah satunya dengan mengangkat atraksi seni budaya dan kearifan lokal. Sesuatu hal yang berbeda di setiap daerah.

“Untuk itulah mari kita buat berbeda di Gorontalo. Kita kembangkan juga potensi budaya kita. Kalau perlu tampilkan Tari Dayango di sini, tarian untuk memanggil dan memberi makan setan dalam tradisi Gorontalo,” kata Rusli yang turut didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Idah Syahidah.

Untuk meningkatkan kunjungan wisata lokal dan mancanegara, Rusli setuju dengan saran Menteri Pariwisata Arief Yahya beberapa minggu lalu saat peluncuran 17 Kalender Pariwisata Gorontalo. Saran untuk berkolaborasi dengan Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) yang lebih banyak disinggahi wisatawan.

Baca Juga :  Kementerian PUPR Pacu Pembangunan Bendung Randangan

“Sulut itu ada 150 Ribu wisatawan yang datang setiap tahun. Kita bisa menarik 10 persen saja supaya melanjutkan wisatanya ke Gorontalo itu sudah luar biasanya. Makanya ini yang akan kita seriusi dengan Pak Olly (Gubernur Sulut) nanti,” imbuh Rusli.

Sementara itu, Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran 1 Regional III Kemenpar RI Moh Ricky Fauzi menyebut Kabupaten Pohuwato telah menjadi salah satu daerah yang destinasi wisatanya terus berkembang dari tahun ke tahun. Hal itu membuktikan komitmen yang tinggi antara pemerintah daerah dalam pengelolaan pariwisata.

“Pak menteri meminta saya mewakili beliau ke Gorontalo. Tanpa pikir panjang saya langsung setuju karena saya tau bagaimana potensi laut Gorontalo sedang naik naiknya. Pak Gubernur, pak Bupati saya katakan di sini saya akan membantu pengembangan wisata laut Gorontalo. Tidak perlu pakai duit, pakai foto saja. Kirimkan saya foto-foto destinasi bawah laut Gorontalo, kita akan promosikan sampai keluar negeri,” ungkapnya.

Baca Juga :  Radio Suara RH Kantongi Izin Kelayakan Dari Pusat

Pada Festival Pantai Pohon Cinta ini ditampilkan beragam tarian daerah serta penampilan parade burung Maleo yang menjadi ciri khas Kabupaten Pohuwato. Ada pula penampilan ragam tarian dari Kabupaten Parigi moutong, daerah perbatasan Provinsi Sulawesi Tengah.

Festival Pohon Cinta akan berlangsung selama lima hari ke depan. Festival ini dirangkaikan dengan perayaan HUT Kabupaten Pohuwato yang jatuh pada hari minggu, 5 Mei nanti.

Pewarta: Ecyhin

Editor: Isam

409 total views, 1 views today

author

Author: