Gubernur Gorontalo Berhasil Perjuangkan DAU Untuk Gaji Guru

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi Asisten Pemerintahan Anis Naki saat konfrensi pers di Bandara Djalaluddin

GORONTALO – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, mengakui akhirnya berhasil memperjuangkan kenaikan Dana Alokasi Umum (DAU) untuk para guru SMA/SMK sederajat,  khusus untuk Provinsi Gorontalo. Hal ini diungkapkan oleh Rusli Habibie, saat melakukan konfrensi pers dengan sejumlah awak media di ruangan VIP Bandar Udara Jalaludin, Rabu (26/7).

Kenaikan ini menurut gubernur adalah perjuangan yang cukup berat, karena memang sebelumnya pemerintah pusat telah mengumumkan akan melakukan pemotongan DAU sekitar 3 sampai 4 persen untuk semua daerah.

” Tapi, alhamdulillah karena hubungan baik saya dan juga komunikasi baik saya dengan teman teman di Kementrian Keuangan, akhirnya Gorontalo selamat dari pemotongan DAU dan DAU kita disetujui naik dengan jumlah yang cukup besar yakni senilai 37 Milyar,” kata Rusli.

Gubernur dua periode ini pun menambahkan, dengan naiknya DAU ini secara otomatis masuk dalam APBN-P 2017. Sebagaimana diketahui tahun ini dana APBD lebih banyak dialokasikan untuk belanja pegawai dari pada belanja publik , belanja infastruktur dan lain lain.

“Tapi alhamdulillah setelah DAU kita naik maka termasuk pada APBN-P 2017, sehingga insyaAllah anggaran itu akan kita tambahkan lagi untuk penganggaran program-program yang masih sempat tertunda,” ungkap Rusli.

Pada kesempatan itu pula, Rusli mengatakan bahwa pemerintah sejatinya harus tetap eksis mengurus rakyat termasuk mementingkan kesejahteraan guru-guru.

Pewarta : Ecin

Foto       : Salman

Editor    : Asriani

258 total views, 4 views today

author

Author: 

Leave a Reply