Gubernur Gorontalo Akan Bangun “Kave”

Gorontalo – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, berencana akan membangun Kampung Vaname (Kave) di Lima Kabupaten wilayah pesisir pantai yang ada di Provinsi Gorontalo.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo Sutrisno menjalaskan bahwa, jika Gubernur Rusli Habibie menginginkan agar budidaya udang Vaname ini, bisa juga ditiru atau dibuat di kabupaten lainya, khususnya diwilayah pesisir.

“Gubernur perintahkan kepada saya, bahwa di Gorontalo akan dibangun Kampung Vaname, sehingga saya melihat memang di Gorontalo sangat potensial untuk kita kembangkan,” Kata Sutrisno, Jumat.

Ia menambahkan bahwa, Kampung Vaname setelah uji coba di Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo, selanjutnya akan dibuat di Desa Kramat Kecamatan Mananggu, juga akan dibuat diwilayah Kabupaten Pohuwato, Gorontalo Utara, Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango, khususnya wilayah pesisir.

Dijelaskanya bahwa, jika penen udang Vaname kali ini adalah hasil dari penebaran benih oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie Tiga bulan silam, dengan luasan tambak sekitar 1000 meter persegi.

“dalam kurun waktu hampir Tiga bulan dengan luasan 1000 meter persegi,  kita sudah bisa produksi sekitar 1,2 Ton,” Ujar Sutrisno.

Ia menambahkan jika dalam 1000 meter persegi tersebut, pendapatan dari hasil penjualan tersebut bisa mencapai Rp60 Juta, dengan modal produksi Rp21 ribu hingga Rp24 Ribu/Kilogram.

“Sementara pihak ekportir bersedian mengambil dengan harga Rp50 ribu sampai Rp60 ribu/Kilogram,” Ujarnya.

Melihat kondisi harga dan kualitas udang Vaname yang diakui oleh Eksportir dengan kualitas Super, Pemerintah Provinsi Gorontalo tidak ragu lagi akan mengembangkan budidaya Udang Vaname ini di daerah lain.

452 total views, 1 views today

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply