Gubernur dan Bupati Bonbol Bertemu, Perjelas Kendala Proyek di Bone Bolango

Gubernur Rusli Habibie dan Bupati Bone Bolango Hamim Pou saat bertemu di Ruang Kerja Gubernur.

GORONTALO – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menggelar rapat konsolidasi terbatas bersama Bupati Bone Bolango Hamim Pou serta jajarannya dalam rangka membahas sejumlah kendala beberapa proyek strategis nasional yang tertuang Perpres nomor 3 tahun 2016, tentang percepatan pelaksanaan proyek strategis nasional.

Rusli menjelaskan, sesuai himbauannya pada rapat kemarin (red-rapat inspeksi khusus), mengenai  beberapa kendala proyek yang ada di kabupaten Bone Bolango, diantaranya pembebasan lahan pembangunan Dive Center sekaligus proyek peningkatan jalan menuju kawasan tersebut, pembangunan waduk atau bendungan Bone Hulu dan Bulango Hulu.

“Kemarin saya sempat bertanya tanya keseriusan Pemkab Bone Bolango, tapi alhamdulillah dari pertemuan ini ada hasilnya. Untuk bendungan Bone Hulu dan Bolango Hulu, pada prinsipnya masyarakat sudah setuju, dan Bupati sudah mengeluarkan surat resmi untuk pembangunan kedua waduk tersebut, artinya kendalanya sudah tidak ada lagi,” kata Rusli pada rapat terbatas tersebut, yang berlangsung di Kantor Gubernur, Selasa (30/5).

Selain itu menurut Rusli, percepatan pengembangan jalan dari pelabuhan Gorontalo menuju Kecamatan Taludaa yang berbatasan langsung dengan Sulawesi Utara, karena ada beberapa yang terkendala dengan pembebasan lahan.

Suasana pertemuan jajaran Pemprov Gorontalo dan Pemkab Bone Bolango membahas tentang kendala proyek di Bonbol.

Tidak hanya itu, termasuk pengembangan kawasan wisata Olele yang terkenal dengan keindahan terumbu karangnya, ada anggaran dari Kementerian Pariwisata untuk membangun Dive Center, sempat dilaporkan terkendala dengan lahan, namun hari ini semuanya sudah tuntas.

“Bupati juga mengusulkan untuk pembangunan jalan dari kawasan Bone Pesisir menuju Kecamatan Suwawa ibu kota Kabupaten, serta usulan jalan dari Kecamatan Tapa menuju Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara,” ujar Rusli.

Ia juga berharap agar semua usulan ini bisa dikerjakan, namun komunikasi dan koordinasi tidak putus, sehingga ketika ada kendala bisa langsung dikomunikasikan.

“Kalau komunikasi antar kepala daerah terputus maka yang dirugikan adalah rakyat, sehingga pertemuan seperti ini harus terus dilaksanakan, nantinya saya akan menghadirkan juga bupati/walikota se – Gorontalo untuk membahas semua permasalahan kita di Gorontalo,” tandasnya.

Pewarta : Ecin

Foto.       : Salman

Editor.     : Asriani

170 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply