Gubernur Canangkan Peringatan HUT Provinsi Gorontalo ke-17

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat menjadi inspektur pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 yang dirangkaikan dengan pencanangan HUT Provinsi Gorontalo ke-17 yang digelar di danau Perintis, kecamatan Suwawa, kabupaten Bone Bolango, Sabtu (4/11).

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie resmi mencanangkan rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Gorontalo ke-17 yang berlangsung di danau Perintis kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Sabtu (4/11). Pencanangan yang sebelumnya diawali dengan upacara Hari Sumpah Pemuda ke-89 tersebut, ditandai dengan melepas 20 Ribu bibit ikan Nila ke danau serta pelepasan balon gas ke udara.

Beragam acara digelar oleh pemerintah provinsi dalam pencanangan tersebut, di antaranya pemberian santunan beras dan gula dari para pegawai kepada 500 warga dhuafa, operasi pasar murah, pelayanan kesehatan gratis, bersih bersih danau serta bedah rumah bagi salah satu warga miskin di sekitar danau.

Hal tersebut sejalan dengan arahan gubernur yang menginginkan peringat HUT provinsi lebih pada kegiatan bakti sosial yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Selain itu, gubernur meminta perayaan berdirinya provinsi harus dilaksanakan secara sederhana dan mengurangi kegiatan seremonial.
“Mulai sekarang hingga pada acara puncak nanti tanggal 5 Desember 2017 kita upayakan semua kegiatan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Ini kan ulang tahun daerah, itu berarti ulang tahun bagi semua masyarakat Gorontalo,” terang Rusli saat ditemui usai pencanangan.

Gubernur dua periode itu menambahkan, HUT Provinsi ke-32 di Indonesia itu memiliki nilai yang sangat penting bagi pemerintah dan seluruh masyarakat Gorontalo. Pemekaran dari Sulawesi Utara adalah awal bagi masyarakat Gorontalo untuk bisa menata daerah secara mandiri untuk menggapai cita cita masyarakat yang adil dan sejahtera.

Ketua Tim Penggerak PKK Idah Syahidah didampingi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat menyerahkan paket bantuan kepada kaum dhuafa. Penyerahan bantuan swadaya dari pegawai ini sebagai rangkaian dari pencanangan HUT Provinsi Gorontalo ke-17 yang digelar di danau Perintis kecamatan Suwawa, kabupaten Bone Bolango, Sabtu (4/11).

 

“Alhamdulillah sejauh ini cita cita kita sudah dibangun dengan pondasi yang kuat. Pendidikan sudah gratis, kesehatan juga gratis, pembangunan infrastruktur di mana mana serta peningkatan ekonomi kerakyatan yang semuanya sudah kita bangun sejak 5 tahun lalu. Memang belum semua bisa dirasakan, tapi insya Allah perjuangan ini akan tetap kami tuntaskan lima tahun ke depan,” imbuh gubernur dari partai Golkar itu.

Selain dihadiri oleh ribuan ASN pemprov dan elemen pemuda dan siswa, kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Sekretaris Daerah Winarni Monoarfa, para Asisten dan pejabat di lingkungan pemerintah provinsi. Nampak juga bupati Boalemo, Wakil Bupati Bone Bolango serta jajaran Forkopimda se-Gorontalo.

Pewarta/editor : Isam

Foto : Salman

157 total views, 4 views today

author

Author: 

Leave a Reply