Gubernur Buka STQ Tingkat Kota Gorontalo


Gorontalo – Penjabat Gubernur Gorontalo Zudan Arif Fakrulloh, membuka secara resmi Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Kota Gorontalo, bertempat di Lapangan Karsa Utama, Kota Tengah, Jumat (7/4).

Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug oleh Pj Gubernur didampingi Walikota Kota Gorontalo Marten Taha, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Karim Pateda dan Ketua Panitia STQ Tingkat Kota Gorontalo.

Pada kesempatan itu Zudan mengatakan sebagai daerah yang memiliki falsafah Adat bersendikan Syara dan Syara bersendikan Kitabullah, pelaksanaan STQ sangat tepat dalam hal mewujudkan masyarakat Gorontalo yang religius dan senantiasa perpegang pada Al Quran sebagai pedoman hidup.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini yang mempererat ikatan tali silaturahim kita semua, mari menjadikan Al Quran sebagai pedoman dalam membina hubungan kehidupan yang bertakwa. InsyaAllah serambih madinah akan segera terimplementasikan, lebih khusus di Kota Gorontalo. Kita harus meyakini Negeri kita ini adat kuat karena syariat islam, syariat kuat karena Quran,” kata Zudan.

Ia juga berharap kepada seluruh peserta STQ tidak hanya memikirkan tentang siapa yang menang dan siapa yang kalah. Ajang STQ bukan ajang perlombaan, melainkan memilik tujuan syiar islam, kegiatan seperti ini adalah tentang mengamalkan al-quran.

“Oleh karena itu saya bermohon kepada seluruh dewan hakim, mohon dibimbing seluruh khafilah yang ikut hari ini. sehinga semua peserta akan mendapatkan kemenangan, pulang akan membawah segudang kebaikan tidak hanya membawah piala dan piagam tetapi jauh lebih dalam dari pada itu membawah sejuta kebaikkan,” tutur Zudan.
STQ 2017 tingkat Kota Gorontalo ini diikuti sebanyak 137 orang, yang merupakan utusan dari 9 Kecamatan se-Kota Gorontalo. Peserta terdiri dari Kec. Kota Barat 19 Orang, Kec. Kota Utara 13 Orang, Kec. Sipatana 12 Orang, Kec. Kota Timur 21 orang, Kec. Dumbo Raya 13 Orang, Kec. Kota Selatan 16 Orang , Kec Hulondalangi 14 Orang, Kec. Kota tengah 15 orang dan Kec. Dungingi 14 orang.

Adapun yang dilombakan adalah Tilawa Golongan anak anak dan dewasa putra putri, Cabang review quran golongan 1 juz dan tilawah, 5 juz dan tilamah dan 10 juz, dan kegiatan ini berlangsung selama lima hari 7-11 April. Pemenang lomba STQ tingkat kota nantinya akan mewakili Kota Gorontalo ketingkat Provinsi mendatang. (Ecin – Tim Redaksi Humas)

86 total views, 3 views today

author

Author: 

Leave a Reply