Gubernur Buka MTQ ke-8 Tingkat Provinsi Gorontalo

0
854
Gubernur Gorontalo H. Rusli Habibie (kemeja kuning), memukul bedug menandai dibukanya MTQ ke-8 Tingkat Provinsi Gorontalo di Alun-Alun Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Sabtu (28/4)

BOALEMO – Gubernur Gorontalo H. Rusli Habibie membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-8 tingkat Provinsi Gorontalo di Alun-Alun Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Sabtu (28/4). Pembukaan MTQ diawali dengan defile kontingen peserta dari Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Boalemo, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Pohuwato, dan Kabupaten Gorontalo Utara.

“Saya seakan-akan berada pada ajang MTQ Nasional, karena begitu meriah dan bagusnya desain arena MTQ ini,” puji Gubernur Rusli Habibie mengawali sambutannya.

Lanjut kata gubernur dua periode ini, MTQ bukan hanya sebagai ajang seremonial untuk mencari juara dalam setiap cabang yang dilombakan. Tetapi lebih dari itu, esensi MTQ adalah pengembangan dan penghayatan terhadap isi kandungan Al Qur’an sebagi kitab suci umat Islam.

“MTQ sebagai ikhtiar kita dalam memahami, menghayati, dan mengimplementasikan kandungan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Rusli yang pada kegiatan itu turut didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah Rusli Habibie.

Pembukaan MTQ ditandai dengan pemukulan bedug oleh Gubernur Rusli Habibie dan turut didampingi Bupati Boalemo, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, dan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Gorontalo, Weni Liputo.

Adapun tema MTQ yaitu “melalui MTQ ke-8 tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2018, kita bangun generasi Qur’ani yang menguasai ilmu pengetahuan dan memiliki iman dan takwa menuju Kabupaten Boalemo dan Provinsi Gorontalo yang damai, sejahtera, cerdas dalam suasana yang religius”. MTQ akan berlangsung selama 8 hari, mulai dari 28 April 2018 dan akan berakhir pada 5 Mei 2018.

Artikel Terkait  Sekda: Pejabat Administrator Harus Berpikir Out of The Box

8 cabang yang dilombakan pada MTQ tingkat Provinsi Gorontalo yaitu Tilawah Qu’ran, Hifzil Qur’an, Tafsir Qur’an, Fahmil Qur’an, Syahrir Qur’an, Khatil Qur’an, dan cabang Musabaqah Makalah Al Qur’an. Sementara jumlah peserta sebanyak 280 orang dan jumlah official 121 orang.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Salman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini