Gubernur Buka Baksos Lanal Gorontalo di Gorontalo Utara

0
350
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kiri) menyalami seorang ibu yang anaknya baru saja disunat dalam kegiatan Karya Bakti Sosial (baksos) yang digelar oleh Pangkalan TNI AL (Lanal) Gorontalo, Senin (23/4) di Desa Deme II, Kecamatan Sumalata, Kabupaten Gorontalo Utara. (foto – Salman )

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie membuka Karya Bakti Sosial (baksos) yang digelar oleh Pangkalan TNI AL (Lanal) Gorontalo, Senin (23/4). Baksos yang rencananya digelar hingga tanggal 17 Mei ini dipusatkan di Desa Deme II, Kecamatan Sumalata, Kabupaten Gorontalo Utara.

Dalam sambutannya, Rusli mengapresiasi baksos yang digelar oleh jajaran TNI AL ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat positif dalam membantu dan melayani masyarakat khususnya warga Sumalata yang rata-rata berada di pesisir laut.

“Alhamdulillah hari ini TNI AL menggelar bakti sosial yang diintegrasikan dengan program pemerintah daerah. Kami juga dari provinsi banyak menggelar kegiatan bakti sosial yang sudah dicanakan di Kabupaten Boalemo, Pohuwato dan Bone Bolango. Kegiatan yang akan mutar di semua daerah,” terang Rusli.

Rusli menilai Kecamatan Sumalata memiliki potensi laut yang besar. Selain potensi perikanan tangkap yang besar, Sumalata juga punya Pulau Duyunumo sebagai destinasi wisata yang sudah dikenal secara nasional.

Semua potensi itu menurutnya harus terus dijaga dan dikembangkan, tidak justru dirusak oleh warga sekitar. Ia mengingatkan bagi nelayan untuk tidak menggunakan bom, bius dan pukat harimau untuk menangkap ikan sehari-hari.

“Kemarin kami sudah mengukuhkan Satgas Illegal Fishing. Jika ada nelayan yang masih nakal, kami sepakat dengan pak Danlanal, dengan Porairud untuk menindak tegas,” tandasnya.

Sementara itu, Komandan Pangkalan TNI AL Letkol Laut (P) Tonny Sundah menjelaskan, pelaksanaan Baksos ini bertujuan untuk pembinaan daerah pesisir laut. Baksos juga digelar sebagai rangkaian peringatan HUT Pangkalan TNI AL Gorontalo yang ke 11.

Artikel Terkait  Wagub Kembali Perjuangkan Embarkasi Penuh Gorontalo

“Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan pembinaan daerah pesisir dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Merupakan wujud kemanunggalan dan kepudilian TNI AL terhadap masyarakat pesisir yang pada akhirnya dapat mendukung kemajuan daerah bidang maritim,” jelas Tonny.

Adapun kegiatan yang disiapkan yakni pengecatan 50 perahu nelayan, khitanan masal, pasar murah, pengobatan massal dan pelayanan KB gratis. Ada pula pembangunan Posyandu di dusun Hulupa Desa Wombudu Kecamatan Sumalata timur, Penanaman 1000 pohon mangrove di Desa Koluwoka Kecamatan Sumalata Timur.

Pewarta/editor: Isam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini