Gubernur Bersyukur Masyarakat Gorontalo Tak Kesulitan Sembako Selama Ramadhan

Gorontalo – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, mengaku sangat bersyukur usaha yang ia gagas bersama pemerintah provinsi membentuk satgas pangan selama bulan Ramadhan hingga lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah, membuat masyarakat tidak kesulitan mendapatkan sembilan bahan pokok (Sembako).

Ia mengungkapkan pemerintah provinsi hingga kabupaten dan kota terus berkoordinasi dan mengantisipasi jauh hari sebelumnya, memastikan tersedianya kebutuhan pokok, dan menjamin tidak terjadi lonjakan harga.

“Biasanya setiap menjelang bulan puasa, bahan pokok selalu naik. Ini yang kami antisipasi lebih awal, dengan menggelar rapat bersama unsur Forkopimda dan menghadirkan pihak distributor,” kata Rusli saat menggelar silaturahim dengan masyarakat kaum dhuafa dan keluarga besar Uloli di kec. Kabila, Bone Bolango, Rabu (28/6).

Gubernur menambahkan Pemerintah Provinsi Gorontalo selama Ramadhan menyediakan pasar murah kebutuhan pokok di halaman rumah dinas gubernur. Selain itu ada juga beberapa pasar murah di kabupaten dan kota lainya, terutama daerah terpencil.

Upaya lain yang dilakukan adalah membentuk satgas pangan yang terdiri dari TNI-Polri, untuk memantau bilamana terjadi lonjakan harga kebutuhan pokok di masyarakat terutama beras, cabai, bawang merah, termasuk ketersediaan gas elpiji.

“Untuk kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah, selain harganya murah juga telah disubsidi oleh pemerintah.Ini untuk menekan jangan sampai terjadi lonjakan harga,” ujarnya.

Tak lupa pula Rusli mengatakan bahwa selama Idul Fitri ini ia dan keluarga terus melakukan silaturahim. Baik dengan pemerintah, keluarga dan juga masyarakat. Menurutnya, silaturahim seperti ini bisa memperpanjang umur dan banyak mendapatkan berkah.

“Menurut penelitian, ada satu negara yang penduduknya di atas 80 tahun. Semuanya rata rata berumur panjang, setelah disurvei ternyata masyarakat di negara tersebut rajin sekali bersilaturahim. Mereka saling mengunjungi dan saling mendoakan. Inilah yang ingin saya terapkan di Gorontalo. Apalagi momentum Idul Fitri ini sangat pas, kita bisa saling memaafkan dan saling mendoakan,” tutupnya.

Pada kesempatan itu juga, Gubernur kembali memberikan bantuan berupa uang tunai kepada 100 orang kaum dhuafa.

Pewarta.  : Ecin

Foto.        : Salman

Editor.      : Asriani

234 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply