Gorontalo Usul 5 Nama Penerima Penghargaan Bidang Pertanian

KOTA GORONTALO, Humas – Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Pertanian mengusulkan lima nama sebagai calon penerima penghargaan dari Presiden RI Joko Widodo. Penghargaan yang akan diberikan saat Hari Ulang Tahun Republik Indonesia 17 Agustus 2018.

“Lima nama tersebut terdiri dari lima kategori yakni Penyuluh Pertanian Berprestasi, Petani Berprestasi, Gapoktan Berprestasi, Balai Penyuluh Pertanian serta Kelembagaan Ekonomi Petani. Nama-nama kami seleksi berdasarkan usulan dari pemerintah kabupaten/kota,” kata Kepala Bidang Penyuluhan di Dinas Pertanian, Junawir Panigoro, Rabu (4/7/2018).

Menurut Junawir, pihaknya sangat selektif dalam melakukan seleksi tersebut. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh individu atau kelompok tani guna menerima penghargaan tertinggi dari presiden. Kriteria itu bergantung pada jenis kategori yang diikuti.

Baca Juga :  Peringatan Harganas XXIV, Momentum Aktualisasikan Kembali Delapan Fungsi Keluarga

“Misalnya kategori Petani Berprestasi dinilai dari aspek inovasi dalam usaha tani dan pengembangan usaha. Selain itu, petani tersebut harus memiliki jaringan usaha, aktif dalam asosiasi atau organisasi petani serta memiliki pendapatan yang signifikan dalam usaha taninya,” jelasnya.

Adapun lima nama yang diusulkan oleh Pemprov Gorontalo yakni Abd. Gias Sila, SP dari Kabupaten Gorontalo sebagai Penyuluh Pertanian Berprestasi. Rahman Arsyah dari Kota Gorontalo sebagai Petani Berprestasi, Kelompok Tani Harapan Indah dari Kabupaten Gorontalo sebagai Gapoktan Berprestasi.

Kategori Balai Penyuluhan Pertanian diwakili oleh BPP Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango serta kategori Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) diwakili oleh Kelompok Insan Mandiri, Kecamatan Bone Pantai Kabupaten Bone Bolango.

Baca Juga :  Wapres dan Gubernur se-Sulawesi Bahas Kemandirian Pangan

Pewarta: Dinas Pertanian/Isam

734 total views, 2 views today

author

Author: