Gorontalo Terima Bantuan Rumah BSPS 2500 Unit

KOTA GORONTALO, Humas – Pemerintah Provinsi Gorontalo menerima bantuan rumah dari Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) RI sebanyak 2500 unit. Penerimaan bantuan yang diberinama Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya BSPS diberikan untuk mendorong peningkatan kualitas rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) secara swadaya dan gotong royong.

Untuk memantapkan proses distribusi BSPS tersebut, Pemprov Gorontalo menggelar Rapat Koordinasi dan Konsolidasi yang berlangsung di gedung GPCC, Kota Gorontalo, Kamis (3/5/2018). Rakor yang dipimpin langsung oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie itu menghadirkan para Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman kabupaten/kota.

Rusli mengingatkan, dalam pelaksanaannya nanti program bantuan rumah ini harus benar-benar tepat sasaran. Salah satu indikatornya yakni calon penerima harus terdata di database Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Baca Juga :  Rusli: Kerukunan Agama Tetap Terjaga

“Harus dipastikan calon penerimanya benar-benar diseleksi. Kita juga sudah menurunkan Bappeda untuk kerja sama. Kita juga sudah melakukan pemetaan dan kita pantau melalui satelit. Jadi di kecamatan apa, desa dan dusun calon penerima itu tinggal. Jika usulan-usulannya tidak tepat sasaran atau tidak sesuai, mohon maaf tidak bisa kita penuhi,” tegas Rusli.

Rusli melanjutkan, Pemrov Gorontalo tak henti-hentinya memberikan perhatian kepada masyarakat miskin melalui berbagai macam bantuan. Intervensi itu diharapkan dapat menekan angka kemiskinan daerah. Oleh karena itu, ia berharap setiap bantuan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

“Banyak yang telah kami pemerintah upayakan. Baik melalui BPNT-D (Bantuan Pangan Non Tunai-Daerah), bibit jagung, bantuan ternak sapi dan sebagainya. Hari ini melalui pemerintah pusat kembali mengalokasikan 2500 unit rumah. Sebisa mungkin kami pemerintah akan selalu hadir untuk rakyat,” imbuhnya.

Baca Juga :  Warga KKIG Sulut Terkesan Capaian Pembangunan Gorontalo

Dari 2500 rumah tersebut akan dibagi ke lima kabupaten/kota. Rinciannya untuk Kabupaten Gorontalo berjumlah 1.408 unit, Kota Gorontalo 798 unit, Kabupaten Bone Bolango 117 Unit, Kab. Gorontalo Utara 77 unit serta Kab. Boalemo 100 unit.

Pewarta: Ecyhin

Editor: Isam

836 total views, 4 views today

author

Author: