Gorontalo Terbaik Pertama APN 2016

Gorontalo – Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), menilai Provinsi Gorontalo, dibawah kepemimpinan Gubernur Rusli Habibie dan Idris rahim (NKRI) berprestasi dibidang perencanaan pembangunan, sehingga Gorontalo secara Nasional berhasil meraih terbaik pertama Anugerah Pangripta Nusantara (APN) 2016.

Penghargaan APN tahun 2016, yang diserahkan langsung oleh Kepala Bappenas, disaksikan juga oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, serta sejumlah Menteri, di Istana Negara, Rabu (11/5), dimana acara tersebut merupakan rangkaiAn acara penutupan Musrenbangnas.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, usai menerima penghargaan tersebut, merasa bangga dimana Provinsi Gorontalo mampu meraih predikat terbaik Nasional pada kategori bidang perencanaan progresif.

“Penghargaan yang kita raih ini merupakan kerja sama semua pihak, khususnya dukungan masyarakat Gorontalo,” Kata Rusli Habibie, yang didampingi Sekretaris Daerah, Plh. Kepala Bappeda Provinsi Gorontalo Nurdin Mokoginta.

Plh Kepala Bappeda Provinsi Gorontalo Nurdin Mokoginta menjelaskan bahwa, Penghargaa APN
merupakan penghargaan yang diberikan pada pemerintah provinsi/kabupaten/kota yang berprestasi dalam perencanaan pembangunan daerahnya.

Dalam proses pemilihannya dibentuk tim penilai independen dan tim Bappenas, yang selanjutnya, melalui Tiga Tahapan untuk menilai dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi yang berlaku secara sah baik dalam bentuk Peraturan Gubernur

“terkait dengan pangrita tahun ini kategori perencanaan terbaik dan inovasi terbaik
intinya dalam penilaian yang di lakukan oleh tim independen dan tim Bappenas melalui beberapa tahapan pelaksanaan mulai dari penilaian dokumen perencanaan Fokus Grup Discusion dengan melibatkan seluruh stokholder,” Kata Plh. Kepala bappeda

Stacholder tersebut, terdiri dari pimpinan dan anggota DPRD, LSM, Tokoh masyarakat serta Kepala Bappeda kabuaten/kota,
selanjutnya tahapan akhir dari penilaian Pangripta ini di laksanakan di Bappenas untuk melihat sejauhmana penguasaan materi oleh kepala bappeda dan inovasi yang dilakukan oleh Bappeda dalam perencanaan.

Pada saat pembukkan musrenbangnas yg lalu Gubernur Rusli juga meneriman Dua penghargaan sekaligus karena dinilai sebagai daerah dengan pencapaian MDGs terbaik nasional, yaitu terbaik Dua karena dinilai sebagai daerah pencapaian MDGs terbaik nasional 2013-2015 dan terbaik Tiga nasional kategori pencapaian indikator MDGs 2013-2015.

286 total views, 1 views today

Rate this article!
author

Author: 

Leave a Reply