Gorontalo Jadi Tuan Rumah Rakornas Dukcapil


GORONTALO – Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang juga adalah Penjabat Gubernur Gorontalo Zudan Arif Fakrulloh mengadakan pertemuan dengan jajaran Dinas Dukcapil Se Provinsi Gorontalo, bertempat di Rumah jabatan Gubernur, beberapa waktu lalu.

Menurut Zudan, pertemuan tersebut guna membahas tentang akan dilaksanakannya Rapat Koordinasi Nasional Dukcapil se Indonesia yang akan dilaksanakan pada 17-19 Mei 2017 mendatang, di Provinsi Gorontalo.

“Kurang lebih ada sekitar1.300 peserta yang akan datang di Gorontalo, baik itu kepala dinas maupun kepala-kepala bagian pada dinas Dukcapil tingkat nasional. Ini acara terbesar yang akan kita laksanakan diGorontalo, jadi semua persiapan baik hotel maupun transportasi sudah harus terkoordinasi dengan baik,” kata Zudan.

Zudan menambahkan dalam rakornas ini, akan membahas bagaimana pemerintah merapikan data kependudukan, baik untuk digunakan pada pemilihan kepala daerah serentak tahun 2018, yang meliputi 171 Bupati/walikota dan 17 Gubernur se-Indonesia. Juga untuk kepentingan dalam menghadapi pemilihan umum legislatif dan pemilihan presiden pada tahun 2019 mendatang, serta kebutuhan lainnya.

“Rakornas ini sangat strategis untuk pemerintah selain untuk mendata demokratisasi Indonesia lebih baik, juga untuk merapikan data kependudukan kita,” sambungnya.

Zudan juha berharap, selain untuk perbaikan data kependudukan, dengan kehadiran 1.300 kepala dinas dari luar Gorontalo,  kedatangan mereka dapat dimanfaatkan untuk menggerakan ekonomi Gorontalo.

“Jadi saya juga inginkan mereka berwisata di Gorontalo, dan membeli produk lokal UKM Gorontalo, bayangkan jika satu orang menghabiskan Rp5 juta, maka lebih dari Rp 6 miliar uang berputar di Gorontalo,” tutupnya. (Ecin – Tim Redaksi Humas)

194 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply