Gorontalo Jadi Tuan Rumah Pertama Rakornas Dukcapil

GORONTALO – Provinsi Gorontalo menjadi tuan rumah pertama pelaksanaan Rapat Nasional (Rakornas) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) yang digelar Direktorat Jendral Dukcapil, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Rakornas Dukcapil resmi dibuka oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof. Zudan Arif Fakrulloh,Kamis (18/5), di Gedung Sumber Ria, Kota Gorontalo.

Dirjen Dukcapil Prof. Zudan Arif Fakrulloh pada kesempatan itu menjelaskan, ada banyak hal yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Rakornas yang pertama ini. Diantaranya untuk memastikan 22 jenis layanan Administrasi Kependudukan (adminduk) diseluruh Indonesia dapat berjalan sebagaimana mestinya.

“Kita ingin segera menyelesaikan perekaman KTP elektronik serta percepatan pemenuhan 85 persen akta kelahiran, ini juga berkaitan erat dengan persiapan mensukseskan Pilkada serentak 2018 yang nantinya akan diikuti oleh 170 daerah,” kata Zudan.

Zudan juga menekankan kepada seluruh perwakilan dari tiap Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia, agar program Aminduk harus selalu berjalan dengan maksimal dan harus banyak inisiatif, inovatif, sabar, adaptif, dan amanah.

“Kalau ada masalah yang menghambat program, cepat tuntaskan. Kalau tidak selesai juga silahkan kirimkan ke saya selaku penanggung jawab tertinggi. Pasti saya akan berikan solusi, dan untuk pengurusan Aminduk saya harapkan kecepatannya, bagi daerah yang penduduknya di bawah 200 ribu programkan salam 10 menit saja. artinya 10 menit saja program adminduk sudah harus selesai,” tambahnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, yang turut hadir pada kesempatan tesebut mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, Rakornas adalah momentum yang sangat tepat untuk mengatur Adminduk lebih tertib.

“Kami sangat bersyukur Gorontalo ditunjuk sebagai tuan rumah.  Momentum yang sangat baik untuk penataan adminduk sekaligus kenang-kenangan bagi kami dari Prof.  Zudan yang pernah menjabat Pj Gubernur Gorontalo,” ungkap Idris.

Idris juga menambahkan dengan adanya kegiatan Nasional seperti ini, setidaknya dapat mengangkat perekonomian masyarakat Gorontalo.

“Gorontalo sebagai tuan rumah yang pasti akan berdampak pada ekonomi masyarakat di provinsi Gorontalo, utamanya UMKM. Untuk itu kami berterimakasih kepada bapak dan ibu yang sudah bersedia hadir pad kesempatan ini,” tuturnya.

Dalam pembukaan Rakornas tersebut juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerja antara Pejabat Dukcapil Daerah, dan perjanjian penandatanganan kerjasama dengan lembaga Adminduk, serta penyerahan penghargaan kepada 10 daerah dengan cakupan kelahiran tertinggi. Acara Rakornas ini akan belangsung hingga hari ini (red-Jumat) yang dihadiri langsung oleh Menpan-RB.

Pewarta : Ecin

Foto.       : Rasid

Editor      : Asriani

 

202 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply