Gorontalo Go Green Gandeng TNI-Polri Selamatkan Danau Limboto

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito berbincang-bincang dalam acara buka puasa bersama Pemprov dan unsur TNI/Polri

GORONTALO – Gorontalo Go Green. Gagasan ini menjadi hastag kerjasama antara Pemerintah Provinsi Gorontalo dengan unsur TNI-Polri untuk secara bersama-sama melakukan penghijauan di seluruh areal hulu Danau Limboto. Program ini merupakan upaya rehabilitasi, konservasi, dan revitalisasi guna menyelamatkan Danau Limboto.

“Danau Limboto dalam kondisi kritis. Upaya penyelamatan tidak bisa hanya dilakukan dengan pengerukan di bagian hilir. Kita harus perbaiki bagian hulunya. Agar maksimal, pemerintah dan TNI-Polri harus bekerja sama,” ungkap Rusli Habibie dalam pelaksanaan buka puasa bersama di Markas Batalyon Yonif 713/Satyatama Gorontalo, kemarin, (21/6).

Dalam pelaksanaan buka puasa tersebut, Gubernur Rusli Habibie bersama Kapolda Brigjend Pol Rachmad Fudail dan Pangdam XIII Merdeka Mayjend TNI Ganip Warsito resmi menandatangani Momerandum of Understanding (MoU) terkait program kerja sama ini.

Penandatanganan ikut disaksikan Asisten Logistik Kapolri Komjen Eko Hadi Sutejo, Wakil Gubernur Idris Rahim dan para kepala SKPD di lingkungan Pemprov Gorontalo serta para pimpinan lembaga satuan TNI-Polri.

“Kerjasama Go Green akan segera kita mulai. Kita akan memplot anggaran dalam APBD-P untuk pelaksanaan program ini,” jelas Rusli.

Lebih lanjut Rusli menjelaskan, kerja sama ini pun merupakan tindaklanjut dari pertemuannya dengan Presiden RI Joko Widodo dalam rapat terbatas (Ratas) yang dihadiri 24 menteri dan 2 menteri koordinator. Rusli mengusulkannya langsung kepada Presiden agar melibat TNI-Polri untuk merehabiltasi semua wilayah hulu Danau Limboto.

“Saya sampaikan kepada presiden ada 23 anak sungai yang selama 1 x 24 jam setiap hari membawa sedimentasi ke danau Limboto. Sehingga percuma jika dilakukan pengerukan, kalau bagian hulu tidak diperbaiki. Alhamdulillah Presiden setuju dan telah menyampaikan persetujuannya secara tertulis,” tutur Rusli.

Ia menegaskan pula, sebagaimana petunjuk dari Presiden, setelah program Go Green ini jalan, nantinya akan dijadikan percontohan nasional.

“Bersama kita akan kawal, mulai dari pembibitan, penanaman hingga semua proses tuntas,” tegasnya.

Pewarta. : Ecin

Foto.        : Salman

Editor.      : Asriani

232 total views, 4 views today

author

Author: 

Leave a Reply