Gorontalo Destinasi WHO Untuk Pemberantasan Kusta

Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Anis Naki atasnama Pemerintah Provinsi Gorontalo menerima Duta WHO untuk pemberantasan penyakit kusta Yohei Sasakawa, Senin (13/11). Kehadiran Sasakawa yang menjabat sebagai Presiden Direktur Nippon Foundation di Gorontalo untuk menjalankan misi pengobatan dan pencegahan penyakit kusta mengingat Gorontalo masih menjadi satu dari 14 provinsi pengidap penyakit kusta di Indonesia.

Provinsi Gorontalo menjadi salah satu destinasi pemberantasan kusta di Indonesia oleh World Health Organization (WHO), organisasi dunia yang mengurusi masalah kesehatan. Sebagai bentuk perhatian tersebut Duta WHO asal Jepang sekaligus Presiden Direktur Nippon Foundation, Yohei Sasakawa berkunjung ke Gorontalo yang diterima oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Anis Naki di ruang Huyula Kantor Gubernuran, Senin (13/11).

Dpilihnya Gorontalo sebagai target pemberantasan kusta di Indonesia mengingat Gorontalo masih menjadi satu dari 14 provinsi penderita kusta tertinggi nasional. Dengan penanganan yang serius dan terarah termasuk adanya sosialisasi yang intens kepada masyarakat, Sasakawa yakin penderita kusta di Gorontalo dapat diminimalisir.

“Saya telah keliling dunia termasuk beberapa daerah yang ada di Indonesia. Dan sekarang saya di Gorontalo, dengan tujuan untuk eliminasi penyakit ini. Perlu ada sosialisasi pada masyarakat bahwa kusta bukan penyakit kutukan melainkan penyakit yang bisa disembuhkan”, terang Yohei Sasakawa.

Sasakawa berharap pihaknya dibantu oleh pemerintah daerah bisa bersinergi dalam misi pemberantasan kusta di Gorontalo. Ia juga memastikan, kerjasama yang dibangun oleh WHO dengan pemerintah daerah akan terus berkesinambungan hingga pengidap penyakit dinyatakan sehat.

“Kami selalu berinteraksi dengan WHO untuk terus mencari tahu seberapa banyak yang sudah terinfeksi penyakit kusta ini. Dan kemudian kami memberi bantuan dalam bentuk obat-obatan, bukan hanya sekarang tetapi secara bertahap, terus-menerus, sampai pengidap penyakit dinyatakan sembuh,”jelasnya.

Sementara itu Plh Sekda Anis Naki mengaku senang dan memberi apresiasi atas perhatian WHO, Jepang dan Kementrian Kesehatan RI yang sudah memfasilitasi program pemberantasan penyakit kusta ini. Dipilihnya Gorontalo sebagai destinasi dinilai Anis akan sangat membantu pemerintah daerah dalam menekan penyebaran penyakit kulit ini.

“Ini tentu menjadi kesempatan besar bagi kita untuk memberantas penyaklit tersebut. Apa yang menjadi keinginan dari WHO melalui pak Sasakawa sangat relevan dengan komitmen bapak gubernur dan wakil gubernur yang mana menjadikan kesehatan sebagai program unggulan”, tutur Anis.

Terkait teknis penanganan di lapangan, Anis berharap agar instansi terkait segera berkoordinasi untuk menyusun langkah langkah strategis. Ia berharap agar tim WHO diberikan data yang dibutuhkan dan pendampingan yang cukup selama berada di Gorontalo.

Pewarta : Ecyhin

Editor : Isam

Foto : Burhan

146 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply