Gorontalo Dapat 300 Lampu Jalan dari Kementrian ESDM

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bertemu dengan Sekjen Kementrian ESDM Ego Syahrial di kantor Kementrian ESDM, Senin (26/2). Provinsi Gorontalo mendapatkan jatah 300 unit Lampu Jalan Umum (LJU) dari dana APBN. (Foto: Anam-ADC)

JAKARTA – Provinsi Gorontalo mendapatkan 300 bantuan pemasangan Lampu Jalan Umum (LJU) dari Kementrian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) RI. Kepastian itu diperoleh saat Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyambangi kantor tersebut, Senin (26/2).

Sejatinya, kedatangan Gubernur Rusli dan Kadis PNM ESDM dan PTSP Husin Hasni itu akan diterima langsung oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan. Belakang, Menteri berhalangan hadir dan menugaskan Sekretaris Jenderal ESDM Ego Syahrial untuk menerima Gubernur.

Baca Juga :  Pemprov Gorontalo Rutin Gelar Pasar Murah

“Kami mengajukan proposal berupa pemasangan 10.160 unit Lampu Jalan Umum (LJU) untuk seluruh jalan strategis di Gorontalo. Jenisnya ada dua yakni lampu pakai jaringan PLN dan lampu dengan tenaga surya,” terang Rusli usai pertemuan.

Mantan Bupati Gorontalo Utara itu merasa bersyukur lantaran proposal itu disambut oleh pihak ESDM. Mereka menjanjikan 300 LJU untuk Gorontalo pada APBN 2018 ini. Sisanya akan dianggarkan pada APBN Perubahan 2018.

“Kami berharap agar lampu jalan bisa dibiayai melalui APBN. Sebab selama ini penerangan jalan kami biayai sendiri dari APBD, ini tentu saja memberatkan daerah dengan APBD hanya 1,8 Trilyun Rupiah pertahun,” sambungnya.

Untuk tahun 2018 ini, Pemprov Gorontalo melalui Dinas PNM ESDM dan PTSP menganggarkan 2000 unit LJU dari dana APBD. Lampu dengan tenaga surya itu diharapkan dapat menerangi jalan jalan strategis di enam kabupaten/kota se-Gorontalo.

Baca Juga :  Plt Gubernur Hadir Sebagai Pemateri Pada Seminar Nasional MA

Pewarta/editor: Isam

334 total views, 1 views today

author

Author: